Tambah pengetahuan Jurnalistik Personil, Kapolres Sumba Barat datangkan Jurnalis Senior

Tambah pengetahuan Jurnalistik Personil, Kapolres Sumba Barat datangkan Jurnalis Senior

Tribratanewsntt.com - Polres Sumba Barat hari ini kedatangan 2 tamu istimewa, yaitu jurnalis senior di bidangnya Maria Dian Adriana Wartawan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dan Eko Wienarto mantan Wartawan beberapa media antara lain Harian Surya serta pernah menjadi editor program siaran Apa Kata Koran Indonesia di Radio NHK Shibuya Tokyo, Jepang.

Keduanya secara khusus didatangkan oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin terkait pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Pembentukan Karakter Media hari ini Senin tanggal 28 Agustus 2017 sekitar pukul 10.30 Wita di Aula Mapolres Sumba Barat.

Hadir dalam kegiatan ini Kabag Ren Polres Sumba Barat AKBP Damianus Dapa, KBO Binmas Polres Sumba Barat, Aiptu Turu Taga Lele, Paur Humas Polres Sumba Barat Brigpol FB0ediono dan Kanit Binmas Polres Sumba Barat serta para Kanit Binmas Polsek Jajaran Polres Sumba Barat.

Pelaksanaan kegiatan pagi ini bertujuan untuk membangun serta melakukan perbaikan-perbaikan terkait panduan dan teori jurnalistik yang baik dan benar. Dimana telah diketahui bersama, Polres Sumba Barat telah memiliki wadah resmi berupa website tribratanewssumbabarat.com, yang memuat berita, peristiwa, dan event-event penting yang terjadi di wilayah hukum Polres Sumba Barat.

Di awal kegiatan, kedua narasumber yang berkompeten di bidangnya ini berkesempatan menyampaikan tentang Teori Jurnalistik, dimana dititik beratkan pada kecepatan berita, ketepatan berita (akurasi), metode 5W + 1H dalam mengembangkan ide cerita nilai berita, menentukan judul berita (kalimat aktif, tidak lebih dari 10 kata dan segitiga / piramida terbalik) dan embargo berita / sudah tahu kegiatan yang dilakukan serta tata cara dan karakter membuat suatu berita tentang kegiatan maupun program kepolisian di media yang benar dan berkualitas.

Terlihat antusiame para audience terkait pembahasan media ini, tanya jawabpun berlangsung tanpa jeda dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan. Terurai kekaguman dari seorang Maria Dian Adriana tentang Tribratanews Sumba Barat yang selalu menyajikan berita-berita terkini dan up to date bagi penikmat berita.

“Tribratanews Sumba Barat merupakan wadah dan wajah dari Polres Sumba Barat. Melalui media inilah Polres Sumba Barat dapat mengcounter berita tentang kinerja para anggota di jajarannya, yaitu dengan memuat berita penangkapan pelaku kriminal”. ujar Maria Dian Adriana.

Para peserta bimbingan teknis sangat senang dengan materi serta ilmu yang telah disampaikan oleh kedua narasumber. Semoga dengan adanya kegiatan ini, kedepan kita dapat membangun Website Polres Sumba Barat lebih maju lagi, ujar Paur Humas Polres Sumba Barat.‎

Di sesi akhir kegiatan, sebagai wujud terima kasih atas ilmu yang telah diberikan, Kepolisian Polres Sumba Barat memberikan cinderamata berupa Kain Adat dan Plakat Polres Sumba Barat kepada kedua narasumber Maria Dian Adriana dan Eko Wienarto.