Tatap Muka Bersama Anggota Polres TTU, Kapolda NTT: Kebanggaan Profesi Menjadi Pendorong Kualitas Tugas

Tatap Muka Bersama Anggota Polres TTU, Kapolda NTT: Kebanggaan Profesi Menjadi Pendorong Kualitas Tugas

Tribratanewsntt.com - Dalam suasana yang penuh semangat dan kebersamaan, anggota Polres Timor Tengah Utara (TTU) berkesempatan untuk bertatap muka dengan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., saat kunjungannya, Rabu (19/7/2023) sore.

Pertemuan itu berlangsung Aula Lantai II Hotel Victory Kefamenanu ini juga dihadiri Irwasda Polda NTT Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H., Dirresnarkoba Polda NTT Kombes Pol. Sigit Haryadi, S.I.K., Auditor III Itwasda Polda NTT Kombes Pol. Taufik Irpan Awalludin, S.H., M.H., dan Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.IK., M.H., serta beberapa perwakilan personel Polres TTU.

Dalam pertemuan ini Kapolda memotivasi dan mengingatkan para anggota Polres TTU tentang betapa pentingnya memiliki kebanggaan terhadap profesi mereka sebagai anggota kepolisian.

Ia menjelaskan bahwa kebanggaan terhadap profesi akan menjadi pendorong bagi setiap anggota untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dengan kualitas dan dedikasi yang tinggi.

"Kita harus bangga dengan profesi kita sebagai Anggota Polri karena kalau kita bangga, maka kita akan melaksanakan tugas dengan baik," ujar Kapolda dengan penuh semangat.

"Tanpa kebanggaan, maka kita tidak akan maksimal dalam melaksanakan tugas. Kebanggaan akan menjadi penguat mental kita, dan ketika kita mencintai apa yang kita lakukan, itu akan tercermin dalam setiap tindakan kita sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.", Tegasnya.

Dalam kesempatan ini juga, Kapolda NTT juga menekankan pentingnya etika dan integritas dalam menjalankan tugas sebagai anggota polisi.

"Profesi polisi adalah kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada kita. Kita harus senantiasa menjaga kepercayaan tersebut dengan perilaku yang jujur, adil, dan penuh integritas. Mari kita menjadi teladan bagi masyarakat dalam berbuat yang baik dan benar," tambah Kapolda.

Dikatakannya bahwa Polri mempunyai tugas yang sangat penting dalam negara ini yakni menjaga keamanan dan ketertiban akan tetapi Polri tidak dapat bekerja sendiri. Polri harus berkolaborasi dengan para pihak baik TNI, Pemda maupun masyarakat.

"Tindakan kepolisian juga harus sesuai dengan aturan dan norma hukum yang berlaku agar tidak menimbulkan perpecahan", terangnya.

Jenderal Bintang Dua ini juga menjelaskan mottonya sebagai Kapolda NTT yakni memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

Secara umum tugas pokok Polri ada tiga yakni Pemeliharaan Kamtibmas harus diwujudkan dalam tindakan yang konkrit dan dirasakan oleh masyarakat.

Penegakan hukum dengan mengedepankan restorative justice karena apabila masalah ringan juga dibawa ke Pengadilan maka akan menimbulkan keretakan di masyarakat baik tersangka maupun korban. Restorative justice harus melibatkan berbagai tokoh. Serta Melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat yang menjadi inti dari pada tugas pokok Polri.

"Pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan dengan hati nurani tanpa pandang bulu. Pelayanan Polri kepada masyarakat tersebut yang akan mendongkrak kepercayaan publik terhadap Polri", jelasnya.

"Kalau tingkat kepercayaan publik rendah maka eksistensi Polri direduksi dan kewenangannya bisa diambil oleh instansi lain. Untuk mendapatkan kepercayaan publik adalah pelayanan dan semua fungsi kepolisian adalah pelayanan", harapnya.

Ia juga minta seluruh jajaran Polres TTU agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan hindari perilaku buruk dan pelanggaran yang dapat merugikan pribadi maupun yang dapat mencoreng citra baik institusi Polri ditengah masyarakat.

Mendukung terwujudnya percepatan Pembangunan Nasional, Berikan pelayanan yang Profesional untuk meraih kepercayaan masyarakat dalam mewujudkan rasa keadilan, kemanfaatan hukum dan kepastian hukum bagi masyarakat.

Terkait pelaksanaan Pemilihan Umum, Kapolda tegaskan agar semua anggota Polres TTU punya tugas meminimalisir terjadi gangguan Kamtibmas karena Kabupaten TTU masuk Zona Merah untuk Pemilu, jadi segera menyiapkan semua kebutuhan yang akan digunakan menjeleng maupun pasca pelaksanaan Pemilu.

"Laksanakan tugas dengan baik dan benar secara tulus dan niatkan semua tugas sebagai ladang ibadah", tandas Kapaolda NTT.

Sementara itu, Kapolres TTU, menyatakan apresiasi tinggi atas kunjungan dan motivasi yang diberikan oleh Kapolda.

"Kami merasa terhormat atas kehadiran Bapak Kapolda dan semangat yang telah Bapak bagikan kepada kami. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab," ucap Kapolres TTU.

Acara tatap muka ini juga menjadi sarana bagi para anggota Polres TTU untuk berbagi pengalaman dan pandangan tentang tugas-tugas mereka dalam melayani dan melindungi masyarakat. Diakhir kegiatan Kapolda NTT juga menyerahkan bingkisan kepada perwakilan Bhabinkamtibmas Polres TTU.