Gelar Opsgatiblin Songsong Hari Jadi ke 74 Polwan RI di Polresta Kupang Kota, Kompol Eliana Papote Ajak Polwan Kreatif dalam Bermedsos

Gelar Opsgatiblin Songsong Hari Jadi ke 74 Polwan RI di Polresta Kupang Kota, Kompol Eliana Papote Ajak Polwan Kreatif dalam Bermedsos

Tribratanewsntt.com,- Dalam rangka menyongsong hari jadi Polwan RI ke 74, Polwan Polda NTT menggelar kegiatan Opsgatiblin (Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin) bagi anggota Polwan Polresta Kupang Kota, Senin (15/7/22).

Kegiatan Opsgatiblin ini dipimpin oleh Senior Polwan Kasigar Subditgakum Ditlantas Polda NTT Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M. bersama Kanit Hartib 2 Subbidprovost Bidpropam Polda NTT  Iptu Yorsen Bilaut dan enam orang anggota Polwan Provost Polda NTT.

Adapun sasaran Opsgatiblin ini mulai dari sikap tampang, gampol dan surat tanda diri. Sebanyak 62 orang personel Polwan Polres Kupang Kota yang diperiksa kelengkapan perorangannya.

"Kami dari Polda NTT khususnya dari Panitia hari jadi Polwan ke 74 hari ini melaksanakan kegiatan Opsgatiblin bagi para Polwan Polres Kupang Kota. Saya harapkan kegiatan hari ini bisa berjalan dengan aman dan lancar. Kegiatan seperti ini tidak setiap bulan kita lakukan, ini biasanya dilaksanakan secara serentak setiap tahunnya dalam menyongsong hari jadi Polwan"ujar Kompol Eliana Papote S.I.K., M.H.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai senior Polwan Polda NTT Kompol Eliana Papote mengharapkan adanya perubahan setelah selesai Opsgatiblin.

"Polwan harus menjadi contoh, jangan sampai kita menertibkan masyarakat tapi kita para polwan sendiri yang tidak menunjukan atitut dan etika yang baik. Kita harus tertib dahulu baru menertibkan masyarakat"tegasnya.

Terkait penggunaan medsos, mantan Wakapolres Manggarai Barat ini mengingatkan seluruh Polwan agar selalu bijak dalam penggunaannya.

"Gunakan medsos dengan bijak, menyebarluaskan sesuatu di medsos harus yang bermanfaat. Tidak dilarang menggunakan medsos, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan contohnya tidak memamerkan kekayaan. Sekreatif mungkin dalam menggunakan medsos, untuk kebaikan pribadi maupun institusi sehingga masyarakat bisa mencontoh hal-hal yang baik"pesan Kompol Eliana.

Untuk pelaksanakan teknis Opsgatiblin kali ini Polwan Provost Polda NTT langsung mengecek sikap dan tampang serta kelengkapan diri puluhan personel Polwan tersebut.

Dari kegiatan tersebut, Provost Polwan menemukan beberapa anggota Polwan Polresta Kupang Kota yang memiliki masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (SIM) sudah tidak aktif lagi. Provost pun langsung mengamankan SIM yang sudah tidak aktif tersebut serta menulis catatan pelanggaran yang ditemukan.