Tatap Muka Dengan Forkopimda Rote Ndao, Kapolda NTT Ajak Bersama Melakukan Pengawasan Terkait TPPO

Tatap Muka Dengan Forkopimda Rote Ndao, Kapolda NTT Ajak Bersama Melakukan Pengawasan Terkait  TPPO

Tribratanewsntt.com - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Rumah Jabatan Bupati Rote Ndao, Desa Ne'e, Kecamatan Lobalain. Senin tanggal 04 September 2023.

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Rote Ndao.

Kedatangan Kapolda NTT ke Rumah Jabatan Kabupaten Rote Ndao disambut meriah dengan tarian dan sapaan adat, menunjukkan keramahan masyarakat setempat dalam menyambut tamu kehormatan.

Dalam kunjungannya, Kapolda NTT menjalani berbagai kegiatan penting, termasuk tatap muka dan audiensi bersama Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, para Camat, Lurah/Kepala Desa, KBP3 (Purn Polri), serta P2P Kabupaten Rote Ndao.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, S.E., menyambut Kapolda NTT dengan memberikan informasi tentang profil daerah Kabupaten Rote Ndao.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolda beserta rombongan yang dianggap sebagai tamu istimewa di rumah mereka sendiri, sekaligus mengapresiasi bantuan rehabilitasi perpustakaan dan peresmian Perpustakaan Smansaku 84 di Desa Kolobolon Kecamatan Lobalain yang dilakukan oleh Kapolda NTT sebagai alumni SMA Negeri 1 Kupang tahun 84.

Selain itu, Bupati Rote Ndao mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda atas kerjasama yang baik yang telah memastikan kesuksesan pelaksanaan turnamen ETMC XXXII di Kabupaten Rote Ndao yang berlangsung aman dan lancar.

Ia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama berupaya menurunkan angka stunting dan terus mempromosikan pariwisata Kabupaten Rote Ndao.

Sementara itu, Kapolda NTT menyampaikan rasa bangganya menjadi orang Rote dan mengajak para Kepala Desa (Kades) bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan pengawasan terhadap potensi kejahatan seperti people smuggling dan TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang).

Kapolda NTT juga mengingatkan pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak terjebak dengan iming-iming gaji besar dalam kegiatan tersebut.

Kapolda NTT juga membahas perkembangan situasi nasional terkait Pemilu 2024 yang berpotensi menimbulkan beberapa ancaman dan kerawanan, serta pengaruh perkembangan lingkungan strategis baik di tingkat global, regional, maupun nasional terhadap keamanan dalam negeri.

Selain itu, dia menyampaikan tugas pokok dan peran Polri dalam mendukung pembangunan nasional.

Dalam paparanya, Kapolda NTT juga mengungkapkan data indeks kejahatan di wilayah Kabupaten Rote Ndao yang mencakup penganiayaan, pengeroyokan, pencurian hewan, dan pelanggaran UU perlindungan anak.

Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan penyerahan plakat sebagai tanda penghargaan dari Kapolda NTT kepada Bupati Rote Ndao, dan sebaliknya, sebagai tanda persahabatan dan kerjasama yang erat antara pihak kepolisian dan pemerintah daerah dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.