Kapolda NTT Beri Materi Tentang Penindakan Kejahatan Cyber di Universitas Nusa Lontar Rote Ndao

Kapolda NTT Beri Materi Tentang Penindakan Kejahatan Cyber di Universitas Nusa Lontar Rote Ndao

Tribratanewsntt.com - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum beserta rombongan melakukan kunjungan ke Universitas Nusa Lontar yang terletak di Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain, Senin, tanggal 4 September 2023.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Rote Ndao.

Adapun  rombongan terdiri dari Karorena Polda NTT, Kombes Pol R. Dadik Junaidi Supri Hartono beserta Ibu, Ka. SPN Polda NTT, Kombespol Nanang Putu Wardianto, S.ST, MK. beserta Ibu, Kabid Propam Polda NTT, Kombes Pol Dr. Dominicus S. Yempormase, MH. beserta Ibu, Kabiddokkes Polda NTT, Kombes Pol dr. Sudaryono beserta Ibu, dan Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P.

Kedatangan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum dan rombongan disambut dengan tarian adat yang indah di halaman Universitas Nusa Lontar. Penyambutan ini juga dihadiri oleh Rektor Unstar Daniel Babu S.H., M.H., Guru besar Unstar Prof. Yusuf Leonard Henukh, dan Ketua Yayasan Nusa Lontar Dr. Jamin Hamid.

Dalam acara tersebut, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum memasuki ruang aula Universitas Nusa Lontar untuk melaksanakan kegiatan tatap muka dan kuliah umum bersama Civitas Akademik Nusa Lontar.

Rektor Unstar Daniel Babu, S.H., M.H., menyampaikan rasa bangga atas kedatangan Kapolda NTT, yang merupakan salah satu putra terbaik NTT.

Universitas Nusa Lontar telah berperan penting dalam pendidikan di Kabupaten Rote Ndao sejak tahun 2001. Dengan perkembangan yang pesat, Unstar telah menghasilkan lebih dari 1.200 alumni, dengan 39 di antaranya berasal dari Polres Rote Ndao. Unstar juga menjalin kerja sama dengan Polres Rote Ndao untuk perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah tersebut.

Kuliah umum yang disampaikan oleh Kapolda NTT mengangkat tema tentang "Strategi Pencegahan dan Penindakan Kejahatan Cyber untuk Mewujudkan Ruang Digital yang Bersih, Sehat, Beretika, dan Produktif di Provinsi NTT.

Kapolda menjelaskan bahwa perkembangan teknologi digital telah membawa berbagai manfaat bagi masyarakat NTT, tetapi juga menghadirkan tantangan baru dalam bentuk kejahatan cyber seperti penipuan online, peretasan data, dan penyebaran konten berbahaya.

Kapolda NTT juga mengingatkan bahwa pelaku kejahatan cyber tidak akan ditoleransi dan akan dihadapi dengan hukum yang berlaku.

Setelah kuliah, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan plakat oleh Kapolda NTT kepada Ketua Yayasan Nusa Lontar.

Kunjungan ini merupakan momen penting dalam mempererat kerjasama antara kepolisian dan lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan beretika di era digital.