Tatap Muka dengan para Kepala Desa, Kapolsek Weliman Minta Dana Desa Dioptimalkan untuk Kebutuhan Masyarakat

Tatap Muka dengan para Kepala Desa, Kapolsek Weliman Minta Dana Desa Dioptimalkan untuk Kebutuhan Masyarakat

Tribratanewsntt.com - Kapolsek Weliman, Iptu Oscar Pinto Ribeiro, S.Sos meminta para kepala desa agar mengoptimalkan dana desa untuk pemenuhan kebutuhan di desa.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek dalam acara perkenalan Kapolsek bersama para kepala desa dan ASN Kecamatan Weliman di Kmilaran, Senin ( 23/9/19).

Kapolsek Weliman mengatakan, dana desa sebaiknya lebih difokuskan untuk pengembangan produk-produk unggulan desa sehingga hasilnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Kita kembangkan apa yang menjadi produk unggulan di desa dan tenaga kerja juga bisa kita ambil dari desa. Sehingga uangnya berputar di desa dan kalau berputar terus dan setiap tahun kita tambah, pasti menyejahterakan,”terang Kapolsek Weliman.

“Terus yang menjadi prioritas utama juga sarana air bersih, jalan raya dan sebagainya, yang tentu dalam penggunaanya (dana desa) diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat seperti yang tertuang dalam peraturan Menteri Desa PDTT”pungkas Kapolsek.

Lebih lanjut, mantan Kapolsek Laenmanen ini mengatakan, penggunaan dana desa harus mengikuti regulasi yang ada, mulai dari perencanaan sampai dengan pertanggung jawabannya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Weliman juga menyampaikan nota kesepahaman (MoU) Kapolri, Mendagri dan Mendes PDTT dimana disitu tertuang dengan jelas bahwa unsur Polri yang akan terlibat langsung pengawasan penyerapan dana desa adalah Bhabinkamtibmas.

“Keterlibatan Polri tersebut sebagai upaya preventif penyelewengan dana desa. Misalkan kepala desa punya program membangun jalan, lalu ada nanti spefisikasi teknisnya seperti apa. Disini anggota Bhabin akan lakukan pengawasan pengawasan fisik, pengawasan penggunaan anggaran. Kalau terjadi penyimpangan maka Kita akan lakukan upaya represif (penindakan)” terang Kapolsek.

Senada dengan Kapolsek, Camat Weliman, Anselmus Nahak mengatakan, dalam penggunaan dana desa, perlu kerja sama semua pihak untuk mencapai kesejahteraan masyarakat desa dan mencegah terjadinya penyelewengan.

“Para Kepala Desa harus betul-betul teliti menggunakan Dana Desa. Dalam pengelolaannya harus secara transparan dan efektif, sehingga apa yang dikerjakan dapat bermanfaat bagi masyarakat desa”imbau Camat Weliman.

Camat Weliman menambahkan, demi kesejahteraan masyarakat, para kepala desa harus mengimplementasikan 7 (tujuh) Program Bupati Malaka dr.Stefanus Bria Seran MPH diantaranya pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Infrastruktur, Penanggulangan Bencana, Tata Ruang dan Peningkatan Ekonomi Keluarga.

Selain perkenalan Kapolsek kepada jajaran desa dan kecamatan, acara tatap muka ini juga membahas perkembangan Kamtibmas di wilayah Kecamatan Weliman.