Terima Kunjungan BNPB Pusat, Kapolda NTT : Negara Selalu Hadir di Tengah Masyarakat

Terima Kunjungan BNPB Pusat, Kapolda NTT : Negara Selalu Hadir di Tengah Masyarakat

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., menerima kunjungan silaturahmi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat di Mapolda NTT, Kamis (15/4/2021).

Kedatangan perwakilan BNPB pusat ini terdiri Brigjen Pol. (Purn) Hasanuddin dan Brigjen Pol. (Purn) Amri dan selanjutnya disambut hangat oleh Kapolda NTT di ruang kerjanya.

Adapun tujuan kedatangan BNPB Pusat ke Polda NTT ini adalah untuk melakukan Audensi dengan Kapolda NTT tentang penanganan bencana alam yang terjadi di Provinsi NTT.

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTT Menyampaikan ucapan terima kasih atas silaturahmi yang dilakukan dan selamat datang di Polda NTT.

"Sampai saat ini koordinasi dan kerjasama antara Polda NTT dan BNPB Provinsi NTT terjalin dengan baik terlebih dalam penanganan bencana alam yang terjadi di Provinsi NTT", ucap Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolda menjelaskan berbagai upaya pemulihan situasi sudah dilakukan Polda NTT sejak awal terjadinya bencana alam salah satunya dengan menangkap pelaku usaha yang dengan sengaja menaikan harga jual bahan bangunan dan lain - lainnya sebagai.

Kapolda NTT juga mengungkapkan bahwa saat ini Polda NTT mendapat bantuan Kapal, pesawat dan helicopter yang digunakan untuk mendistribusikan bantuan kepada korban bencana alam, efakuasi korban dan mobilitas pengecekan kondisi wilayah pasca bencana alam.

"Sehari setelah kejadian kita langsung terjun ke lapangan untuk melihat keadaan sekitar dan memberikan bantuan kepada warga masyarakat korban bencana alam, hal ini dilakukan guna menunjukan bahwa Negara selalu hadir di tengah masyarakat", ungkap Kapolda NTT.

Sementara itu, Brigjen Pol. (Purn) Hasanuddin menyampaikan terkait kejadian Bencana alam. BNPB akan memberikan bantuan perumahan kepada korban untuk itu perlu adanya pengawasan dari Kepolisian sehingga pelaksanaannya tepat sasaran.

"Apabila Polda NTT mendapat kendala transportasi  dalam pendistribusian bantuan maka bisa di gunakan fasilitas yang di miliki BNPB", ungkap Brigjen Pol (Purn) Hasanuddin.

Ia pun juga berharap agar para Kapolres selalu mengecek barang bantuan yang ada di posko, sehingga tidak ada penumpukan serta selalu memberikan penjelasan yang transparan kepada masyarakat tentang bantuan yang ada sehingga tidak menimbulkan kegaduhan.

Ia juga menyampaikan untuk bisa didatakan Personil Polri yang rumahnya mengalami kerusakan agar bisa juga dibantu oleh BNPB.

"Saat ini kita sudah berkunjung ke beberapat daerah untuk melihat secara langsung kondisi pengungsi dan lokasi pasca bencana", katanya.

Selanjutnya Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama oleh Kapolda NTT bersama perwakilan BNPB didampingi Wakapolda NTT, Irwasda Polda NTT dan Dirpolairud Polda NTT.