Biddokkes Polda NTT Berikan Pelatihan Pemulasaran dan Penanganan Jenazah Covid-19 Bagi Anggota Satbrimobda NTT

Biddokkes Polda NTT Berikan Pelatihan Pemulasaran dan Penanganan Jenazah Covid-19 Bagi Anggota Satbrimobda NTT

Tribratanewsntt.com - Biddokkes Polda NTT memberikan Pelatihan Pemulasaran dan Penanganan Jenazah Covid-19 bagi anggota Satbrimob Polda NTT, Senin (9/8/2021). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Satya Haprabu Makosat Brimob Polda NTT dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Pelatihan ini dipimpin langsung oleh Kasubbiddokpol Biddokkes Polda NTT AKBP dr. Edi Syahputra Hasibuan Spf., bersama Tim dari Biddokkes Polda NTT.

Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli, S.I.K., melalui Danyon A Pelopor Kompol Dennis Leihitu, S.H., saat membuka acara Pelatihan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini dilakukan karena meningkatnya kasus covid-19 di wilayah NTT khususnya di Kota Kupang yang saat ini telah memasuki PPKM Level IV. Sehingga diharapkan para peserta pelatihan siap sewaktu-waktu dibutuhkan oleh tenaga medis untuk membantu melaksanakan pemulasaran jenazah covid-19.

"Dengan diadakannya pelatihan tersebut, apabila sewaktu-waktu dimintai bantuan dari berbagai pihak terjadi kasus pasien Covid-19 meninggal di daerah terdekatnya, maka para peserta pelatihan dapat menangani jenazah dengan aman dan dengan prosedur benar", ungkap Kompol Dennis Leihitu, S.H.

Pelatihan pemulasaraan jenazah covid-19 ini diikuti oleh 22 orang peserta dari Satbrimob Polda NTT yang terdiri dari 8 Personil dari Sikesjas Satbrimob dan 14 personil dari Subden 3 KBR Den Gegana Satbrimob Polda NTT.

"Kegiatan diisi dengan penyampaian materi dan pelatihan, serta praktek pemulasaran jenazah pasien covid-19 mulai dari persiapan pemulasaran, tata cara pemakaian APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, perlakuan jenazah pasien covid-19 sejak dinyatakan meninggal. Selanjutnya dimandikan, dikafankan, didesinfeksikan dan disholatkan hingga dikuburkan pembersihan sisa-sisa", tandasnya.