Tim Gabungan Patroli Gunung Lewo Tobi: Himbau Warga Waspada dan Siapkan Jalur Evakuasi Aman

Tim Gabungan Patroli Gunung Lewo Tobi: Himbau Warga Waspada dan Siapkan Jalur Evakuasi Aman

Tribratanewantt.com -  Satu regu gabungan terdiri dari SAR Brimob Polda NTT, Basarnas Maumere, Pol Airud, dan PMI melaksanakan patroli ke tempat pengungsian warga akibat erupsi Gunung Lewo Tobi dan pemukiman warga yang terdampak langsung oleh erupsi tersebut, Minggu, 07 Januari 2024 sore.

Dalam patroli itu, Tim memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada, terutama jika terjadi peningkatan status gunung Lewo Tobi. Mereka juga mengingatkan agar selalu menaati setiap himbauan dari petugas.

Dalam patroli tersebut, tim mencatat data warga yang rentan, termasuk anak-anak, lansia, ibu hamil, dan menyusui. Evaluasi jalur evakuasi juga dilakukan untuk memastikan kesiapan apabila terjadi erupsi.

Dantim SAR Satuan Brimob Polda NTT, Ipda Hermanus Pati Bean, S.H., yang memimpin patroli, menjelaskan bahwa sasaran kali ini adalah kunjungan ke tenda-tenda pengungsian di sekitar lereng Gunung Lewo Tobi.

"Kita mengimbau agar selalu berhati-hati, kemudian kita mendata orang-orang di tenda pengungsian, terutama bagi yang tidak mengungsi seperti ibu hamil, orang tua, dan anak-anak," ujarnya.

Ipda Hermanus menekankan bahwa patroli ini bertujuan tidak hanya memberikan himbauan dan peringatan, tetapi juga untuk mendata warga agar evakuasi dapat dilaksanakan dengan efektif jika diperlukan.

"Kita melihat rute yang aman dilewati jika terjadi sesuatu, sehingga kita sudah tahu jalur evakuasi yang bisa kita gunakan," tambahnya.