Tim Inafis Polres Manggarai Barat Sambangi SMAN 4 Komodo

Tim Inafis Polres Manggarai Barat Sambangi SMAN 4 Komodo

Tribratanewsntt.com - Sebanyak tiga Anggota dari Tim Indonesia Automatic Finger Print Identification System (Inafis) Polres Manggarai Barat (Mabar) dipimpin Kaur Identifikasi Bripka Purnomo Efendi bersama Briptu Zaenal Iksan dan Mada sambangi SMAN 4 Komodo, Senin (28/1/2019) Pagi.

Sambang tersebut merupakan kegiatan perekaman sidik jari khusus untuk siswa-siswi SMA kelas 3.

Tampak sebanyak 84 orang dengan rincian 45 siswa dan 39 siswi amat antusias mengikuti perekaman sidik jari gratis tersebut.

Ditempat yang sama, setidaknya ada tiga guru yang belum pernah mengikuti perekaman sidik jari turut melangsungkan perekaman.

Di tempat terpisah, menurut Kapolres MabarAKBP Julisa Kusumowardono S.IK, M.Si, para siswa kelas 3 perlu menjadi prioritas program sidik jari mengingat pasca kelulusan acapkali pekerjaan maupun keperluan lanjut kuliah mensyaratkan SKCK.

“Dengan ikut sidik jari di sekolah, para murid kelas 3 tidak perlu lagi antre sidik jari di polres untuk syarat ajukan SKCK, tinggal melengkapi syarat administratif lainnya dan SKCK akan cepat diterbitkan” Tutur Kapolres

Untuk diketahui, program sidik jari gratis di sekolah tingkat SLTA Se-Mabar ini merupakan terobosan Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono S.I.K, M.Si., yang tercetus dalam Program Polisi Peduli Pendidikan.

Dalam hal ini, hasil rekam sidik jari tersebut juga menjadi database kepolisian mengenai rekam jejak kelakuan para remaja di Mabar.

“Program ini sebagai kontrol sekaligus sebagai upaya mencegah kenakalan remaja yang harapannya mereka dapat menjalani proses pendidikan dengan tetap menjaga kelakukan baik” Lanjut Kapolres.

Hasil dari perekaman tersebut nantinya akan langsung diberikan kepada para siswa maupun guru dalam bentuk kartu yang sama sekali tidak boleh hilang.