Tingkatkan Kesehatan dan Kebugaran Tubuh, Biro SDM Polda NTT Laksanakan Tes Kesemaptaan Jasmani Berkala Semester II

Tingkatkan Kesehatan dan Kebugaran Tubuh, Biro SDM Polda NTT Laksanakan Tes Kesemaptaan Jasmani Berkala Semester II

Tribratanewsntt.com - Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani personilnya, Biro SDM Polda NTT melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) Berkala bertempat di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT.

Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala Semester II Tahun Angggaran 2021 ini diikuti oleh seluruh personil Polda NTT yang dilaksanakan sejak tanggal 21 September 2021 sampai dengan 30 September 2021 mulai dari Brigadir hingga Perwira.

Untuk jadwal hari ini, Rabu (29/9/2021) pagi, dari Satker Bidpropam Polda NTT, Bid TIK Polda NTT, Bidhumas Polda NTT dan Bidkum Polda NTT dipimpin oleh Ps. Kasubbagrohjashor Bagwatpers Biro SDM AKP I Dewa Gede wiadnyana bersama tim dari Biro SDM Polda NTT.

Sebelum mengikuti kegiatan, seluruh peserta kesamaptaan jasmani ini wajib melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh personil Biddokkes Polda NTT.

Adapun tahap-tahapan tes Kesamaptaan Jasmani ini terdiri dari lari 12 menit, push up, sit up, pull up, dan shuttle run (lari Angka 8) serta Beladiri Polri.

Hal ini tentunya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan fisik setiap personil Polri dan menjadi tolak ukur kekuatannya setiap enam bulan sekali.

Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., saat mengikuti pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani tersebut mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu faktor pendukung pengembangan karier personil Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Sespimen, Sespima, Sekolah Inspektur Polisi (SIP), Sekolah Alih Golongan (SAG) dan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan fisik personil Polri untuk selalu siap dalam melaksanakan tugas kedepannya", ujar Kabidhumas Polda NTT.

Samjas yang sudah merupakan kalender tetap persemester tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik dan kebugaran seorang anggota Polri, juga merupakan tolak ukur pimpinan dalam melakukan penilaian untuk rekomendasi seorang anggota dalam mengikuti pendidikan lanjutan.

“Beberapa item tersebut akan dinilai langsung oleh tim panitia penilaian dalam setiap cabang yang diikuti oleh peserta samjas”, jelasnya.

"Dengan jasmani yang sehat, maka seluruh Personil Polda NTT akan mampu melayani masyarakat sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat", tandasnya.