Tingkatkan Semangat Pengabdian Dalam Rangka Disiplin, Patriotisme dan Jiwa korsa, Kapolda NTT Pimpin Upacara Bendera Bulanan

Tingkatkan Semangat Pengabdian Dalam Rangka Disiplin, Patriotisme dan Jiwa korsa, Kapolda NTT Pimpin Upacara Bendera Bulanan

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., pimpin upacara bendera bulanan yang digelar di Lapangan Utama Ricky Sitohang Mapolda NTT, Jumat (17/3/2023) pagi.

Hadir dalam upacara ini, Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M, dan sejumlah pejabat Utama Polda NTT. Sedangkan perserta upacara yang terdiri dari anggota dan ASN Polri Polda NTT.

Dalam amanatnya, Kapolda NTT mengatakan upacara bendera yang rutin laksanakan ini merupakan salah satu upaya untuk tetap meningkatkan semangat pengabdian dalam rangka pemupukan disiplin, patriotisme, jiwa korsa, loyalitas dan kebersamaan.

"Ini mempunyai makna sebagai sarana untuk introspeksi, evaluasi dan koreksi sejauh mana kita telah berbuat untuk organisasi dalam melaksanakan perintah yang diberikan oleh pimpinan Polri dalam rangka menghadapi tugas yang semakin berat di masa yang akan datang", ucap Kapolda NTT.

Jenderal Bintang Dua ini juga mengingatkan apa yang menjadi motto Polda NTT untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan bekerja secara ikhlas sebagai wujud ibadah dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Pegang teguh Tribrata, Catur Prasetya dan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia sebagai pedoman dalam setiap langkah kita guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri khususnya Polda NTT", pesannya.

Ia juga menegaskan agar selalu hindari segala bentuk penyimpangan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun institusi Polri.

"Bekerja secara profesional sesuai tupoksi masing-masing. Laksanakan dan terapkan pengawasan melekat sebagaimana diatur pada perkap nomor 2 tahun 2022 disetiap kegiatan guna meminimalisir segala bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh anggota. Perlu menjadi atensi para atasan bahwa pengawasan melekat wajib dilaksanakan atasan kepada bawahan sesuai pasal 2 perkap 2 tahun 2022 tentang pengawasan melekat", tegasnya.

"Kita dituntut untuk meningkatkan kewaspadaan, menjaga disiplin dan moral di segala bidang tugas kita, serta menjaga soliditas personel agar semua tugas yang kita emban dapat kita laksanakan dengan baik sesuai arahan yang telah diberikan pimpinan", tambahnya.

Disamping itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi berbagai ancaman terhadap kamtibmas dan bencana alam, agar seluruh personel Polda Nusa Tenggara Timur, hendaknya mempersiapkan diri baik personel, logistik dan anggaran yang didukung dengan pelatihan pemeliharaan dan peningkatan kemampuan personel yang siap pakai dan siap gerak kapanpun dan dimanapun di tugaskan.

Untuk menghadapi tugas yang sangat berat di tahun ini dan guna meraih keberhasilan dalam setiap pelaksanaan tugas, Kapolda NTT berharap kepada seluruh personel untuk satukan tekad.

"Saya minta agar kinerja tahun ini lebih baik dari kinerja tahun yang lalu dan kehadiran polisi semakin dirasakan dan dipercaya oleh masyarakat", harapnya.

Diakhir arahannya, Orang nomor satu di Polda NTT juga memberikan beberapa penekanan yang harus dilakukan oleh seluruh anggota yaiktu selalu meningkatkan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa.

"Berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, rajinlah melayani dan berbuat baik kepada sesama, karena doa mereka adalah pahala terbesar bagi kita. Hindari tindakan yang tidak simpati / arogan, yang tidak mencerminkan perilaku seorang pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat", pintanya.

Jaga solidaritas antar sesama anggota Polda dan sinergi dengan pemangku seperti TNI, Satkholder,  pemerintah, para Tokoh dan juga masyarakat.

Selalu siap sedia dan waspada terhadap segala bentuk ancaman, gangguan dan tantangan yang dapat menggangu stabilitas kamtibmas khususnya menjelang kegiatan tahapan pemilu 2024.

"Laksanakan tugas secara profesional, modern dan terpercaya serta jangan pernah menganggap enteng tugas sekecil apapun yang diembankan pimpinan. Selalu mengedepankan sikap, prinsip dan pelayanan terbaik kepada masyarakat", tandasnya.