Peringati HUT YKB ke-43, Bhayangkari Daerah NTT Gelar Webiner Bertajuk Cegah Stunting dan Generasi Muda Peduli Stunting

Peringati HUT YKB ke-43, Bhayangkari Daerah NTT Gelar Webiner  Bertajuk Cegah Stunting dan Generasi Muda Peduli Stunting

Tribratanewsntt.com - Peringingati hari ulang tahun Yayasan Kemala Bhayangkari ke-43 tahun 2023, Bhayangkari Daerah NTT gelar Webiner cegah stunting, generasi muda peduli stunting yang dilakukan di Mapolresta Kupand Kota, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldian RJH Manurung dan Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Kupang Kota Ny. Netty Krisna ini pun diikuti oleh seluruh anggota Bahayangkari Cabang se daerah NTT melalui video Conference.

Webiner ini juga menghadirkan perwakilan dari sejumlah SMA maupun SMK.

Kegiatan webiner ini sendiri dilakukan dengan tujuan mencegah Stunting yang dimulai dari masa remaja dengan pembicara tunggal dr. Erna Ratela’bi, SpOG, yang mana ia membawakan materi tentang mencegah stunting sejak remaja.

dr. Erna Ratela’bi, SpOG menyamapikan bahwa, kualitas kesehatan remaja menjadi kunci dalam mencegah stunting, dengan meningkatkan kualitas remaja putri yang kelak akan melahirkan generasi selanjutnya yang sehat.

Dikatakannya, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita karena kekurangan gizi kronis pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). 

"Salah satunya disebabkan oleh kualitas kesehatan anak-anak dan remaja yang kurang mendapatkan asupan gizi seimbang juga remaja putri yang mengalami anemia karena kekurangan zat besi", kata pemateri.

Lanjutnya, salah satu yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting sejak masa remaja adalah dengan meningkatkan penyuluhan untuk prilaku hidup bersih dan sehat.

 "Diharapkan dimasa yang akan datang tidak semakin banyak calon ibu hamil yang memiliki postur tubuh pendek maupun kekurangan energi kronik dan sesuai harapan Pemerintah. Semoga Indonesia bisa mencapai target stunting pada angka 14% di tahun 2024", pungkasnya.