Tingkatkan Sinergitas, Polsek Insana Utara Gelar Apel Gabungan dengan TNI

Tingkatkan Sinergitas, Polsek Insana Utara Gelar Apel Gabungan dengan TNI

 Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan solidaritas antara TNI dan Polri yang bertugas di pintu perbatasan RI-RDTL, satuan TNI AD Kodim 1618/TTU Koramil 03 Insana Utara bersama jajaran Polsek Insana Utara, Polres TTU melaksanakan kegiatan apel gabungan, Jumat (4/11/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 wita hingga pukul 09.00 wita tersebut bertempat di Mako Polsek Insana Utara. Apel gabungan dipimpin Danramil 1618/03 Insana Utara, Kapten Nur Marsudi.

Hadir Danramil 1618/03 Insana Utara Kapten Nur Marsudi, Kapolsek Insana Utara, Iptu Johanes Bara Puka, Danki Pamtas RI - RDTL Wini Kapten Fiki Sucianto Suwito, S.Tr.Han, Dansektor 1 (Sektor barat), Ipda Rudolf Amaral D.S.D.C, Para Kanit, para Bhabinkamtibmas Polsek Insana Utara.

Selain itu, hadir pula para Bhabinsa 1618 Insana Utara, anggota Koramil 1618 Insana Utara anggota Pamtas RI - RDTL Kavaleri X Sulawesi Selatan, anggota Pamtas RI-RDTL Brimob Polda NTT, anggota Polsek Insana Utara dan anggota Pol Airud Insana Utara.

Danramil 1618/03 Insana Utara, Kapten Nur Marsudi dalam arahan saat memimpin apel gabungan menjelaskan, dengan adanya kegiatan apel tersebut dapat meningkatkan sinergitas dan solidaritas TNI - Polri.

"TNI - Polri tetap menjalin silaturahmi, kerja sama, sinergitas dan solidaritas. Dalam pelaksanaan tugas tetap solidaritas dan kerja sama. Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas tetap bersinergi dan memaksimalkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat dalam menghadapi situasi konflik di tengah masyarakat," tegasnya. 

Kapolsek Insana Utara, Iptu Johanes Bara Puka, menjelaskan, apel gabungan yang digelar di Mapolsek Insana Utara bersama aparat TNI tersebut merupakan kali yang kedua setelah kegiatan yang sama dilakukan pada pada, Senin (31/10/2022). 

"Ini apel gabungan TNI-Polri di Insana Utara kali yang ke dua. Kali yang pertama hari senin lalu. Hadir juga saat itu pemerintah setempat dalam hal ini Camat Insana Utara," ujarnya. 

Usai melakukan apel gabungan pada senin lalu, kata Iptu Johanes Bara Puka, pihaknya langsung melaksanakan kegiatan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat khususnya para nelayan agar saat ini berhati-hati ketika melaut lantaran cuaca tidak menentu. 

"Saya harapkan agar TNI-Polri selalu solid dan kompak. Tidak bisa pecah. Kita selalu melakukan koordinasi untuk menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah perbatasan khususnya bisa mencegah penyelundupan," tambahnya. 

Dikatakannya, pihaknya juga melakukan pencarian di sepanjang pantai wini terkait adanya korban KM Express Cantika 77 yang belum ditemukan sampai saat ini usai mengalami kebakaran di perairan Naikliu, Kabupaten Kupang belum lama ini.