Tradisi Untuk Tingkatkan Jiwa Korsa, Kapolda NTT Berikan Penghormatan Khusus Kepada 100 Pasukan Brimobda NTT BKO Papua

Tradisi Untuk Tingkatkan Jiwa Korsa, Kapolda NTT Berikan Penghormatan Khusus Kepada 100 Pasukan Brimobda NTT BKO Papua
Tradisi Untuk Tingkatkan Jiwa Korsa, Kapolda NTT Berikan Penghormatan Khusus Kepada 100 Pasukan Brimobda NTT BKO Papua

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Tmur (Polda NTT) memberangkatkan 100 anggota Brimobda NTT untuk perbantuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Papua. BKO 100 anggota Brimobda NTT ke Polda Papua ini dalam rangka pengamanan Polsek Rahwan dan antisipasi kelompok bersenjata di Intan Jaya, Papua.

Pelepasan dilakukan Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, S.H., M.Hum., saat upacara bulanan di lapangan Ricky Sitohang Polda NTT, Rabu (17/2/2021) pagi.

100 anggota Brimob Polda NTT ini selanjutnya akan berangkat dengan pesawat lion air pada Kamis (18/2/2021) besok.

Ada yang unik dalam upacara pelepasan ini. Kapolda NTT dan seluruh pejabat utama serta anggota Polri yang hadir memberikan penghormatan khusus kepada 100 anggota Brimob Polda NTT BKO Polda Papua.

Baik Kapolda NTT maupun anggota yang hadir menghadap ke 100 anggota Brimob dan melakukan penghormatan.

Penghormatan dengan cara ini merupakan kali pertama yang digagas Kapolda NTT. Dan berharap akan menjadi sebuah tradisi di Polda NTT dalam membangun soliditas dan semangat kesatuan.

Kapolda NTT mengatakan kalau pemberangkatan 100 anggota Brimob Polda NTT BKO Polda Papua adalah kehormatan bangsa dan negara kepada anggota Brimob Polda NTT.

Penghormatan ini merupakan bentuk penghormatan khusus jajaran Polda NTT kepada pasukan Brimob yang melakukan tugas Polri di Polda Papua.

"Ini merupakan tradisi yang meningkatkan jiwa korsa dan wujud penghargaan dari pimpinan kepada personil-personil yang akan berangkat BKO", ucap Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolda NTT berpesan agar 100 anggota Brimob Polda NTT yang berangkat harus pulang utuh 100 orang.

"100 orang yang berangkat maka yang kembali pun harus utuh 100 orang pula. Tidak boleh berkurang dengan alasan apapun," tegas jenderal polisi bintang dua ini.

Kapolda berpesan agar anggota Brimob saat bertugas ke Papua selalu mengawali tugas dengan doa serta mematuhi SOP dan Protap. "Jangan membenarkan yang biasa dan membiasakan yang benar," ujar Kapolda NTT.

Kapolda NTT juga mengingatkan agar anggota Brimob Polda NTT BKO Polda Papua tidak meremehkan situasi dan kondisi di Papua.

"Dibutuhkan disiplin diri dan kesatuan serta saling menjaga satu dengan yang lain," tandas kapolda NTT.

Anggota Brimob Polda NTT juga diminta menjaga marwah Polda NTT dan institusi Polri. "Doa kami mengiringi tugas kalian selama di Papua," ujar Kapolda NTT.

Kapolda juga berpesan agar anggota Brimob Polda NTT melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Kapolda NTT menjanjikan reward bagi anggota Brimob Polda NTT yang melakukan BKO ke Polda Papua.

"Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil. Jiwa ragaku demi kemanusiaan," ujar Kapolda NTT memberikan semangat kepada 100 anggota Brimob Polda NTT BKO Polda Papua.

Sesuai dengan rencana Para Personil Satuan Brimob Polda NTT akan melaksanakan BKO Papua selama 6 Bulan kedepan hingga bulan Agustus mendatang.