Wakapolda NTT Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual di Mapolda NTT

Wakapolda NTT Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual di Mapolda NTT
Wakapolda NTT bersama para PJU Polda NTT mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual di Mapolda NTT

Tribratanewantt.com,- Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Drs. Heri Sulistianto mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila di Mapolda NTT, Rabu (1/6/2022).

Pelaksanaan upacara hari lahir Pancasila ini dilakukan secara virtual dan diikuti oleh para pejabat utama Polda NTT.

Bertindak selaku Inspektur upacara Presiden RI Ir. H. Joko Widodo. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dihadiri langsung oleh Presiden RI ini diselenggarakan di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini jadi yang pertama kalinya dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta.

Presiden RI memakai Ragi Lambu-Luka Lesu baju adat daerah Ende, lengkap dengan penutup kepala. Sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo memakai baju dari kain motif tradisional Ende berwarna dominan cokelat tua.

Pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila berlangsung khidmat.

Kolonel Inf Tunjung Setyabudi Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana, bertugas sebagai komandan upacara.

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI membacakan naskah Pancasila. Lalu, Lodewijk Freidrich Paulus Wakil Ketua DPR RI membaca naskah Pembukaan UUD NRI 1945.

Kemudian, Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan membacakan doa usai amanat inspektur upacara.

Dalam kesempatan ini, Presiden memberikan amanat kepada seluruh peserta upacara.

Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

“Dari Kota Ende, saya mengajak untuk seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,”ujar Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, Pancasila bukan hanya mempersatukan bangsa, tapi Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” jelasnya.

Presiden Joko Widodo mengingatkan agar seluruh anak bangsa mengamalkan dan memperjuangan Pancasila.

“Tapi saya selalu ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila, kita wujudkan sistem kemasyarakat, kebangsaan, dan kenegaraan. Kita mengimplentasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa. Ini tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara,” ucapnya.

Sekadar informasi, Presiden RI Joko Widodo menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional dengan payung hukum Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Tema Hari Lahir Pancasila tahun 2022 adalah Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.