Wakapolda NTT Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pekan Olahraga Provinsi NTT VIII

Wakapolda NTT Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pekan Olahraga Provinsi NTT VIII

Tribratanewsntt.com - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTT VIII Tahun 2022 akan segera digelar di Kota Kupang pada 12 November 2022.

Menyambut Porprov VIII ini, Polda NTT menggelar apel kesiapan pengamanan yang dipimpin oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto.

Kegiatan apel kesiapan yang digelar di lapangan apel Mapolda NTT ini dihadiri oleh Irwasda Kombes Pol. Zulkifli S.S.T., M.K., S.H., M.M dan para pejabat utama Polda NTT serta diikuti oleh gabungan anggota satker Polda dan Polresta Kupang Kota maupun Polres Kupang.

Wakapolda NTT dalam amanatnya menyamapikan bahwa apel kesiapan ini perlu dilakukan guna menyiapkan pengamanan sehingga kegiatan Porprov NTT VIII yang akan dilaksanakan selama satu Minggu kedepan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Hari ini kita perlu melaksanakan kegiatan apel terkait dengan kesiapan pengamanan, sehingga kegiatan Pekan Olahraga Provinsi NTT dapat dilaksanakan dengan baik, lancar dan tidak mengalami hambatan", ujar Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto.

Disampaikan bahwa terkait rencana kegiatan pengamanan Porprov NTT VIII tahun 2022 akan dilaksanakan mulai dari pembukaan hingga penutupan. Pembukaan akan dilaksanakan pada Sabtu (12/11) dan penutupan pada hari Jumat (18/11) mendatang.

"Perlu saya sampaikan bahwa pekan olahraga ini akan digelar selama kurang lebih satu Minggu yang diawali dengan pembukaan besok tanggal 12 kemudian juga akan diakhiri dengan penutupan pada tanggal 18 mendatang", kata Jenderal bintang satu ini.

Kepada anggota yang melaksanakan pengamanan, Wakapolda NTT berharap untuk  mempedomani pelaksanaan pengamanan Pesparani Nasional yang baru saja dilaksanakan baru-baru ini di Kota Kupang.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa kemarin, saat kita melaksanakan pengamanan Pesparani, ini semua juga dapat berjalan dengan baik, tentunya dalam hal ini menjadi pedoman bagi kita bersama dalam melaksanakan pengamanan setiap event-event tertentu ke depannya", harapnya.

Ia menekankan kepada anggota agar dalam melaksanakan pengamanan untuk menghindari sikap kurang humanis dan sikap arogansi.

"Saya tekankan dalam melaksanakan tugas hindari sikap arogansi tetapi semuanya harus dilaksanakan dengan humanis", jelasnya.

Dikatakannya bahwa kegiatan pengamanan akan digelar di 19 titik lokasi atau venue olahraga yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Porprov NTT VIII. Sementara Kontingen peserta Porprov berasal dari 22 Kabupaten/Kota di NTT.

Wakapolda NTT meminta agar anggota yang melaksanakan tugas pengamanan untuk lebih waspada dan mengantisipasi setiap permasalahan yang mungkin terjadi saat penyelenggaraan Porprov NTT VIII.

"Lakukan deteksi dini, kemudian juga kedepankan tugas preventif, preemtif dan bila perlu lakukan penegakan hukum yang tentunya secara terukur", pintanya.

Khusus untuk kegiatan olahraga yang rawan terjadinya permasalahan, ia minta kepada anggota untuk dilakukan penebalan pengamanan, dimana dalam pelaksanaan pengamanan kegiatan Porprov NTT VIII ini Polda NTT menurunkan sebanyak 328 anggota Polri.

Terakhir ia mengimbau kepada anggota untuk menjaga kesehatan, menjaga kekompakan dan menghindari kegiatan-kegiatan yang kontraproduktif.

"Saya imbau kepada rekan-rekan tetap jaga kesehatan, jaga kekompakan dan laksanakan tugas ini dengan penuh tanggungjawab. Hindari kegiatan-kegiatan yang kontraproduktif supaya jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat membuat kepercayaan publik khususnya di wilayah NTT terhadap Polri menurun", pungkas Wakapolda NTT.