Wakapolda NTT Sambut 97 Personil Brimob Polda NTT BKO Papua

Wakapolda NTT Sambut 97 Personil Brimob Polda NTT BKO Papua

Tribratanewsntt.com ,- Wakil Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Brigjen Pol Drs. Vicktor G. Manopo didampingi Kasat Brimob, Kombes Pol. Yopy Indra Prasetya Sepang, S.I.K., M.Si berserta Pejabat Utama (PJU), Rabu (3/1/2018) melakukan penyambutan terhadap 97 personil Brimob Polda NTT BKO Polda Papua dalam rangka operasi “Aman Nusa I”.

Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs. Vicktor G. Manopo dalam sambutannya mengatakan, mewakili pimpinan Polri di Polda NTT, dirinya mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kembali dijajaran Polda NTT setelah selesai dengan sukses melaksanakan tugas operasi aman Nusa I di Provinsi Papua dalam rangka pengamanan Pilkada Tolikara dan Intan Jaya.

Tugas yang diamanatkan oleh negara itu, lanjut Wakapolda, telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam kurun waktu kurang lebih dari dua bulan dengan hasil yang sangat baik, yaitu terjaganya situasi dan kondisi kamtibmas yang aman di wilayah Tolikara dan Intan Jaya.

Selain itu menurutnya, personil pengamanan BKO Tolikara dan Intan Jaya yang ditugaskan itu, juga tidak terdengar adanya catatan-catatan negatif bahkan telah memberikan sumbangan catatan positif karena selama tugas operasi di wilayah tugas itu, tidak terjadi letusan senjata api sedikitpun sebagaimana dengan arahan Kapolri.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa penugasan BKO antar Polda dalam “Bingkai” Brimob nusantara bukan hal yang pertama kalinya dilaksanakan dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri” ucapnya.

Polda NTT, terutama satruan Brimob telah beberapa kali melaksanakan tugas serupa, baik penugasan Polda Aceh, Polda Maluku, Polda Silteng dan Polda Metro Jaya. Bahkan selain penugasan dalam ikatan kompi dan ikatan Batalyon saat ini, Dansatbrimob Polda NTT juga mendapat kepercayaan pada satuan tugas di wilayah Polda Papua.

“keberhasilan dalam penugasan hendaknya dapat dijadikan pengalaman serta motivasi guna menunaikan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara serta masyarakat yang kita cintai” Lanjutnya.

Diakhir amanatnya Wakapolda NTT berpesan agar melakukan peninjauan kembali setiap persenjataan dan peralatan dengan teliti sehingga selalu dalam kondisi siap pakai dan dapat digunakan pada penugasan dimasa yang akan datang.

Pengamanan yang dilakukan di Tolikara dan Intim Jaya Provinsi Papua tersebut terdapat 200 personil, dan 200 personil tersebut 97 personil merupakan BKO dari Polda NTT sementara 103 personil lainnya merupakan personil dari Polda Maluku Utara.