Wakapolres Ende Hadiri Panen Perdana Jagung Demplot Kodim 1602 Ende

Wakapolres Ende Hadiri Panen Perdana Jagung Demplot Kodim 1602 Ende

Waka Polres Ende Kompol Dance Elias Day menghadiri Panen Perdana Jagung Demplot Kodim 1602 Ende,di Desa Nanganesa Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Senin (18/11/19).

Kegiatan Panen Perdana Jagung Demplot Kodim 1602 Ende, dihadiri oleh
Dandim 1602/Ende Letkol Inf Moch.Fuad Suparlin S.I.P.M.Tr (Han),Para Pasi Dim 1602/ Ende,Kepala pengadilan Negeri Ende (I Komanag Didiek Prayoga ,S.H.H.Hum.),Kapolsek Ndona,Kepala BRI Cabang Ende ( Yoga Aditya),Camat Ndona (Yoris Demu),Ketua persit Kartika Candra kirana Cabang XIII Dim 1602/ Ende beserta pengurus, Para Babinsa dan Babinkamtibmas, Para insan Pers,serta masyarakat Kec. Ndona.

Acara diawali dengan pembukaan Protokol, dilanjutkan Doa, Sambutan Dandim 1602 Ende, Panen Perdana serta penutup.

Dandim 1602 Ende, dalam sambutannya, mengucapkan puji syukur atas berkat rahmat Tuhan yang maha kuasa bahwasanya jagung yang ada di belakang saya ini bisa berhasil dengan hasil yang bisa kita lihat bersama yang mana satu tongkol ini rata-rata 2 dan sedikit yang 3 Kenapa saya bilang sudah mencapai dan pencapaian yang luar biasa.

Jagung ini adalah tanaman yang paling gampang ditanam sebetulnya dibanding dengan tanaman tomat yang di sebelah kemudian tanaman cabe jagung adalah tanaman yang paling mudah dan merupakan salah satu bahan pangan utama untuk pengganti dari beras dari padi,jagung yang ada di belakang kamu ini adalah varietas dari hibrida yang peruntukannya utamanya adalah untuk menjadi tepung maizena dan juga untuk bahan makanan hewan dan juga datangnya ini sebetulnya kalau dibandingkan hal ini merupakan kegiatan yang ditandingkan di seluruh wilayah daratan Bali Nusra.

Kita mungkin yang keberapa yang sudah panen dan dihasilkan kita laporkan tetapi batang yang ada di belakang saya ini termasuk yang paling tinggi yaitu sampai dengan setinggi 2 setengah meter batangnya saja dan buahnya 2-3 tongkol dan Alhamdulilah dalam waktu kurang lebih 3 bulan sesuai dengan target sudah bisa kita panen kegiatan ini.

Selain dari kegiatan lomba debat itu hanya sebatas lomba tetapi yang paling utama adalah seperti yang pernah saya sampaikan adalah bagaimana mengubah pola dan sistem daripada para petani dari petani tradisional berubah menjadi petani yang modern Bagaimana mengubah kebiasaan dengan menggunakan pupuk urea kita rubah menjadi dengan pupuk non menjadi pupuk organik Kenapa dengan harapan adalah unsur agar tanah tidak rusak karena bahan kimia yang di belakang ini satu minggu setelah dipanen akan kita lanjutkan untuk jagung yang berikutnya lagi adalah rencanakan kita ganti dengan jagung manis mudah-mudahan dalam waktu 2 bulan selesai dan bisa mendukung untuk kegiatan tahun baru dan Natal.

Agak terlambat memang karena terlambat bukan karena pohonnya yang sama tetapi karena memang kegiatan kita yang kemarin waktu 21 hari full kita melaksanakan kegiatan bintang terpadu ini adalah ujung dari kegiatan kami terakhir di tahun ini mudah-mudahan tidak ada kegiatan tambahan lain selain dari bola yang kita kerjakan di sini juga.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Ende di mana di alam saat kegiatan terpadu kami berhasil membuat sebuah PLTA Mini untuk menghidupi listrik di 1 Dusun 40 KK di desa wologai 2 dan juga membantu perbaikan karena air di desa kebesani itu Kelly dan yang terakhir kami akan mulai menyiapkan untuk kegiatan di Dusun Reka kota dengan satu lagi dan mudah-mudahan nanti 2020 pertahanan kita sudah mulai Pak akhir bulan ini juga kita juga akan meninjau ke sana sehingga keberadaan TNI nanti dibantu dengan kepolisian Saya minta pada saat tmmd kita bisa membuka jalan akses masuk untuk desa tersebut hingga tidak harus lewat.

Setelah selesai sambutan dari Dandim 1602 Ende, dilanjutkan dengan panen bersama para undangan dan masyarakat sekitar Ndona.