Wakapolres Manggarai Barat Jelaskan Terkait Pembinaan Kapolres kepada Anggotanya

Wakapolres Manggarai Barat Jelaskan Terkait Pembinaan Kapolres kepada Anggotanya

Tribratanewsntt.com,- Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si melalui Wakapolres Kompol Sepuh Ade Irsyam, SH., S.I.K., M.H mengatakan setiap anggota Polri harus memiliki kesiapsiagaan yang tinggi terhadap perkembangan situasi, dengan adanya persiapan pengamanan Asean Summit 2023 di Labuan Bajo pada awal bulan Mei mendatang. 

“Menghadapi Asean Summit ini, tentunya pimpinan menginginkan semua anggota memiliki kesiapsiagaan, rasa awas dan selalu waspada. Ditambah lagi hari ini ada pengecekan persiapan pengaman Asean Summit oleh Kapolda NTT,” kata Kompol Sepuh. 

Dikatakannya, untuk mengecek kesiapsiagaan, pimpinan secara periodik melakukan pengecekan terhadap kesiapan anggota di Mapolres. Ditemukan anggota tersebut tidak memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang saat itu datang ke Pos pelayanan Polres Mabar. 

“Tadi pagi, bapak Kapolres mengecek kesiapsiagaan anggota, ditemukan ada beberapa anggota yang tidak disiplin salah satunya yang bersangkutan, sehingga pimpinan melakukan pembinaan,” jelas Kompol Sepuh. 

“Pembinaan itu sifatnya untuk mengingatkan anggota, agar disiplin dan selalu siapsiaga dalam melaksanakan tugas,” tambahnya.

Kata Kompol Sepuh, anggota (R) secara kepribadiannya sering melakukan pelanggaran dan sudah dilakukan proses kode etik. Dalam waktu dekat akan dilakukan sidang kode etik atas pelanggaran yang dilakukan oleh anggota tersebut.

Terkait pemberitaan beberapa media online bahwa menurut (R) permasalahan ini dipicu terkait masalah air namun dibantah oleh Kompol Sepuh informasi itu tidak benar. Ia menjelaskan secara periodik pimpinan selalu melakukan pengecekan kesiapan anggota maupun mako. 

“Tidak benar masalah air itu,” tegasnya. 

"Pembinaan merupakan tanggungjawab pimpinan kepada seluruh anggota, agar menjadi anggota Polri yang lebih baik" kata Sepuh. 

Lebih lanjut Kompol Sepuh mengatakan, anggota tersebut saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo, tentu dinas akan memperhatikan itu. 

“Tadi anggota tersebut langsung ke Rumah Sakit Siloam untuk mendapatkan perawatan, namun sebagai bentuk perhatian, pimpinan sudah mengirimkan tim dokkes Polres Mabar untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi korban di Rumah Sakit Siloam.

"Kita masih menunggu perkembangan dari kondisi anggota,” tutupnya. 

Terpisah, Kapolda NTT Irjen Drs. Johni Asadoma, M. Hum saat ditemui awak media mengatakan Permasalahan tersebut sifatnya salah paham antara pimpinan dan anggota. 

“Itu cuma salah paham saja, antara pimpinan dengan bawahan,” katanya. 

Selaku pimpinan, Kata Kapolda NTT menyampaikan akan mengecek peristiwa yang sebenarnya. Namun Ia berharap permasalahan ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. 

“Saya berharap masalah ini tidak di besar-besarkan, ini adalah urusan internal antara pimpinan dan bawahan Polri. Kita tahu bersama dalam waktu dekat akan ada event internasional Asean Summit di Labuan Bajo, sehingga Polri harus siap dan solid dalam melaksanakan kegiatan tersebut,” tutup Jendral bintang dua itu.