10 Koli Vaksin dan Empat Box Vaksin Pentabio Anak serta Larutan PCR Kit Tiba di Kupang

10 Koli Vaksin dan Empat Box Vaksin Pentabio Anak serta Larutan PCR Kit Tiba di Kupang

Tribratanewsntt.com,- Personil Polda NTT melakukan pengawalan ketat kedatangan penambahan vaksin Covid-19 jenis Sinovac dan Astra Zeneca, Jumat (23/7/2021) pagi.

Sebanyak 10 koli  (5.080 vial) dan empat box vaksin Pentabio anak dan larutan PCR Kit tiba di Kupang, selanjutnya Personil Polda NTT yang terdiri Den Gegana Brimobda NTT, Lantas Polda NTT, Humas Polda NTT dan Intelkam Polda NTT melakukan pengawalan VVIP dari Bandara El Tari Kupang ke Gudang Farmasi PT. APL Kupang dan PT. Kimia Farma Kupang.

Pengawalan Vaksin sesuai dengan SOP itu dipimpin oleh dipimpin AIPTU Yanto Keda (Panit 6 PJR Dit.Lantas Polda NTT).

Hal ini dibenarkan Kabidhumas Polda NTT  Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H.

"Penjemputan vaksin covid 19 ini diperuntukan bagi pelayanan vaksinasi di wilayah hukum NTT. Rincian Buffer vaksin 5.080 vial terdiri dari vaksin Astra Zeneca 4.930 vial dan vaksin Sinovac 150 vial", ungkap Kabidhumas Polda NTT.

Kabidhumas menambahkan bahwa Polri sendiri sudah diperintahkan langsung Presiden RI Joko Widodo untuk mengawal ketat proses pendistribusian tersebut, tidak hanya saat tiba dibandara dan disimpan digudang penyimpanan. Namun saat tiba di puskesmas-puskesmas dan saat pemberian vaksin juga dikawal ketat oleh personel Polda NTT.

"Semoga dengan adanya penambahan vaksin ini dapat menekan tingkat penyebaran virus covid 19 di wilayah NTT”, tandasnya.

Untuk diketahui bersama, Vaksin Covid 19 ini tiba dibandara El Tari Kupang tepat Pukul 09.45 Wita menggunakan Pesawat City Link No.Flight QG 710-600. 

Pukul 10.45 Wita oleh Personel KBR Brimob melakukan sterilisasi mobil box yang akan memuat vaksin Mobil Truk Box PT. Bio Farma, No.Pol : D 8095 FQ. Pers KBR Brimob Polda NTT juga melakukan proses penyemprotan disinfektan terhadap kemasan vaksin sebanyak 10 vial, yang dilanjutkan dengan proses pengangkutan kemasan Vaksin ke dalam Mobil Boks yang telah tersedia.

Tim pengawalan Vaksin Covid-19 menuju Gudang Farmasi PT. APL yang berada di Jalan Sam Ratulangi V Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang dan diterima oleh Koordinator vaksin Edward Muni, dilanjutkan dgn penandatanganan berita acara serah terima.

Pukul 11.10 Wita, Iringan Pengawalan tiba di Gudang Farmasi PT. APL Kupang yang diterima oleh Kasie Kefarmasian dan Alkes Dinkesdukcapil Prov. NTT an. Novi Angeline Elim, A.mdf kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serah terima dari pihak ketiga PT. Biofarma kepada Dinkesdukcapil Prov. NTT dan proses penurunan vaksin Covid-19 dari mobil boks yang akan disimpan di dalam  Cool Room dengan suhu 2°C - 8°C.