122 orang Peserta Rekrutment Proaktif Bintara Polri TA. 2022 Siap Menjalani Rikkes Tahap II

122 orang Peserta Rekrutment Proaktif Bintara Polri TA. 2022 Siap Menjalani Rikkes Tahap II

Tribraratanewsntt.com,- Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli S.S.T., M.K., S.H.  M.M. memimpin sidang terbuka penetapan kelulusan mengikuti Rikkes tahap II rekrutment Proaktif dalam penerimaan Bintara Polri T.A. 2022, Jumat (3/12/21).

Kegiatan diselenggarakan di SPN Polda NTT ini  dihadiri juga Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widarto, S.I.K., para Panitia penerimaan rekrutmen, pengawas internal dan ekternal serta para orang tua/wali peserta rekrutment Proaktif Bintara Polri.

Dalam sambutan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum yang dibawakan Irwasda Polda NTT mengatakan bahwa Kegiatan rekrutment Proaktif Bintara Polri T.A. 2022 ini dilaksanakan dengan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

"Pemeriksaan kesehatan tahap II akan dilaksanakan tanggal 4 hingga 6 desember 2021. Selama proses penerimaan berlangsung, panitia telah bekerja dengan sungguh-sungguh dengan prinsip "BETAH" para peserta rekrutmen proaktif Bintara Polri telah mengikuti semua aturan yang berlaku lama pelaksanaan rekrutmen"ujar Irwasda Polda NTT.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan sumber daya manusia Polri yang unggul, kompetitif dan bermoral di era Police 4.0., hal ini sejalan dengan visi dan misi Polri Transformasi menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).

Animo peserta calon rekrutmen proaktif Bintata Polri Polda NTT T.A.2022 sebanyak 413 orang (Pria 340 dan Wanita 73).

Setelah para peserta mengikuti proses rekrutmen sejak pendaftaran secara online, pemeriksaan administrasi awal, kesehatan tahap I, CAT Psikologi, CAT Akademik, maka hari ini dilakukan Sidang penetapan kelulusan terhadap 122 orang peserta.

Dari 122 calon peserta tersebut memenuhi syarat dan dijadwalkan akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan tahap II selama dua hari.

122 orang peserta tersebut terdiri dari 100 orang perserta Pria dan 22 orang peserta Wanita, mereka akan mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap II di SPN Polda NTT.

Penyelenggaraan rekrutmen proaktif dalam penerimaan Bintara Polri TA 2022 merupakan periode ketiga sejak T.A. 2019 dengan 3 (tiga) kategori yakni affirmative action (tindakan penguatan), talent scouting (pencarian bakat) dan penghargaan.

Affirmative Action, sumber rekrutmen berasal dari pulau-pulau kecil terluar atau wilayah perbatasan, daerah terpencil/pedalaman. Talent Scouting (pencarian bakat), sumber rekrutmen berasal dari siswa slta yang masih kelas xii yang berprestasi secara akademik maupun non akademik. Penghargaan, sumber rekrutmen berasal dari anak kandung anggota polri, anak kandung dari anggota masyarakat dan anggota masyarakat yang berperan aktif membantu pelaksanaan tugas-tugas kepolisian.

Berbagai upaya yang dilakukan antara lain dengan menggelar Rekrutmen Proaktif; Day service test, dimana hasil tes akan diumumkan pada hari yang sama; Pengawas eksternal dan pengawas internal untuk menjamin mutu hasil rekrutmen proaktif; dalam penilaian test, dengan menggunakan teknologi informasi dan aplikasi komputer dan menjalin kerjasama dengan lintas sektoral dan seluruh elemen masyarakat.

Anggota Polri di Polda NTT telah memperkuat kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan antara lain dengan Dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi NTT, Dinas kependudukan dan catatan sipil Provinsi NTT serta Dinas pemuda dan olahraga Provinsi NTT.

"Perlu untuk kita pahami baik atau buruknya rekrutmen proaktif bintara Polri pada Polda NTT bukanlah tanggung jawab Polri atau pihak pengawas semata, namun merupakan tanggung jawab kita semua. Berbagai upaya dan pengawasan yang kita lakukan akan semakin kuat bila dilandasi dengan nilai yang lebih hakiki yakni tegaknya komitmen dan moralitas dari seluruh pihak untuk mewujudkan penerimaan rekrutmen proaktif Bintara Polri yang clear and clean"tandasnya.