Anggota Polri Kawal Penyaluran Bansos dari Keuskupan Agung Kupang di Wilkum Polda NTT

Anggota Polri Kawal Penyaluran Bansos dari Keuskupan Agung Kupang di Wilkum Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Anggota Polri dari Polsek Amfoang Utara, Polres Kupang, Polda NTT melakukan pengawalan penyaluran bantuan sosial dari posko bencana alam PSE Keuskupan Agung Kupang di wilayah Hukum Polda NTT, Selasa (18/5/2021) kemarin.

Pengawalan ini juga diikuti oleh anggota TNI dari Koramil 1604-03 Amfoang dan Petugas BPTD (Balai Pengelolaan Transportasi Darat) wilayah XIII Provinsi NTT.

Hal ini dibenarkan Kabidhumas Polda NTT  Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi, Rabu (19/5/2021).

Kabidhumas menjelaskan pengawalan Penyaluran bansos dari Keuskupan Agung Kupang untuk warga yang terdampak bencana ini untuk memastikan tepat sasaran.

"Kami kawal, jaga dan amankan dengan tujuan agar bantuan ini dapat tepat sasaran dan terhindari dari adanya praktek-praktek melawan hukum,” jelas Kabidhumas Polda NTT.

"Selain itu, kami pastikan untuk penerapan protokol dan mencegah terjadinya kerumuman. Protokol Kesehatan harus terus ditegakkan. Apabila masyarakat datang tidak mempunyai masker akan kami berikan agar pelayanan tetap berjalan dengan baik dan benar", tandasnya.

Diketahui bahwa tahapan penyaluran bansos ini melalui Kapal Feri KMP Ranaka yang berlabuh di Pelabuhan Penyebrangan Naikliu Desa Amfoang, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, pada hari Selasa (18/5/2021) kemarin Pukul 20.10 Wita. Selanjutnya Pukul 20.20 Wita dilakukan bongkar muat yang dihadiri oleh pastor paroki Romo Yohanes B. S. Lado Manuk, Pr dan selanjutnya bansos digeser dengan menggunakan kendaraan Roda Empat pick up dari pelabuhan penyebrangan Naikliu menuju ke Gereja Katolik Santo Stefanus Naikliu.

Kemudian pukul 21.30 Wita, Tim tersebut melakukan penyerahan bantuan sosial pasca bencana alam Seroja kepada warga umat gereja katolik santo Stefanus Naikliu yang diterima langsung oleh pastor paroki Santo Stefanus Naikliu Romo Yohanes B. S Lado Manuk, Pr.

Adapun bansos yang diberikan berupa beras premium 40 kg sebanyak 25 karung, mie sebanyak 5 Koli, sabun sebanyak 10 dos dan minyak goreng sebanyak 4 dos.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut mendapat pengawalan dan pengamanan dari anggota Polsek Amfoang Utara bersama TNI Koramil 1604-03 Amfoang.