Antisipasi Penyebaran Virus di Lingkungan Polri, Biddokkes Polda NTT Beri Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Polres TTU

Antisipasi Penyebaran Virus di Lingkungan Polri, Biddokkes Polda NTT Beri Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Polres TTU

Tribratanewsntt.com - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda NTT menggelar kegiatan Sosialisasi pencegahan dan penanganan Virus Covid-19 bagi anggota Polri dan ASN Polri di Polres Timur Tengah Utara (TTU) dalam rangka antisipasi penyebaran virus di lingkungan Polri, Rabu (27/10/2021).

Sosialisasi ini digelar di lapangan Apel Mapolres TTU yang dihadiri oleh Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., Wakapolres TTU, Para Pejabat Utama Polres, Para Perwira, Para Bintara dan Para ASN Polres TTU serta Siswa Bintara Diktukba 2021 - 2022.

Sedangkan tim dari Biddokkes Polda NTT dipimpin oleh AKP Aris Saputro, S.H., M.H., M.Si., didampingi Iptu Wahed Wahyudi., Amd., Kep., dan 10 tenaga medis Biddokkes Polda NTT

Dalam Sosialisasi ini Tim Dokkes membahas tentang Virus Corona atau Covid-19 yang beberapa waktu terakhir membuat panik banyak pihak apalagi banyaknya korban suspect yang dinyatakan meninggal dunia di Negara asal virus ini.

"Saat ini kita masih menghadapi tantangan yang mengharuskan beradaptasi dengan situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Corona Virus Disease-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan (droplet) dari penderita yang bersin atau batuk dan kontak erat dengan penderita atau kontak dengan permukaan dan benda yang terkontaminasi. Covid-19 masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut lewat tangan yang terkontaminasi virus", jelas Iptu Wahed Wahyudi., Amd., Kep., mewakili AKP Aris Saputro, S.H., M.H., M.Si.

Dikatakannya, belum ditemukan vaksin dan pengobatan definitif Covid-19 dan diprediksi akan memperpanjang masa pandemi, sehingga masyarakat harus bersiap dengan keseimbangan baru pada kehidupan. Aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi harus berjalan beriringan dan saling mendukung. Masyarakat harus melakukan perubahan pola hidup dengan tatanan dan adaptasi kebiasaan yang baru (new normal) agar dapat hidup produktif dan terhindar dari penularan COVID-19.

"Kedisiplinan dalam menerapkan prinsip pola hidup yang lebih bersih dan sehat merupakan kunci dalam menekan penularan COVID-19 pada masyarakat, sehingga diharapkan wabah COVID-19 dapat segera berakhir", katanya.

Masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru/cluster pada tempat-tempat dimana terjadinya pergerakan orang, interaksi antar manusia dan berkumpulnya banyak orang. Masyarakat harus dapat beraktivitas kembali dalam situasi pandemi COVID-19 dengan beradaptasi pada kebiasaan baru yang lebih sehat, lebih bersih, dan lebih taat, yang dilaksanakan oleh seluruh komponen yang ada di masyarakat serta memberdayakan semua sumber daya yang ada.

"Peran masyarakat untuk dapat memutus mata rantai penularan COVID-19 (risiko tertular dan menularkan) harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan melalui perlindungan kesehatan individu dan perlindungan kesehatan masyarakat", tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Biddokkes Polda NTT mempunyai fungsi sebagai pengemban kesehatan di lingkungan Polri akan ambil bagian dalam mendukung dan menjamin kesehatan seluruh masyarakat khususnya personil Polri dan ASN Polri. Ia menyembutkan Polisi sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat harus selalu bias bekerja maksimal dalam melayani setiap warga.

“Di Polri ada banyak bagian dan uraian tugas. Kami Biddokkes punya fungsi untuk menjaga kesehatan seluruh anggota demi pengabdian kepada masyarakat,” Lanjutnya.

Tim Biddokkes pun berharap Sosialisasi tentang Virus Corona atau Covid 19 ini dapat memberikan informasi baik pencegahan dan penatalaksanaanya, memberikan manfaat langsung bagi personil Polres dan masyarakat umum.

Sementara itu, Kapolres TTU menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim Biddokkes Polda NTT yang telah hadir di Polres TTU untuk memberikan sosialisasi Penyuluhan Pencegahan dan penanganan Covid-19.

Kapolres mengharapkan kepada personil yang telah mengikuti kegiatan ini agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari  dalam upaya mencegah penyebaran covid-19 dan diharapkan juga disampaikan kepada rekan anggota lainnya dan keluarga.