Lestarikan Ekosistem Laut, Bhayangkari Polri Lepas Tukik di Pantai Pangkung Tibah Tabanan

Lestarikan Ekosistem Laut, Bhayangkari Polri Lepas Tukik di Pantai Pangkung Tibah Tabanan

Bhayangkari Polri melepas 600 ekor anak penyu atau tukik ke habitat aslinya di Pantai Pangkung Tibah, Tabanan, Bali, Kamis (7/9/23). Pelepas liaran tukik ini diinisiasi oleh Bhayangkari dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-71.  

Ketua Umum Bhayangkari, Ny. Juliati Sigit Prabowo bersama Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., Ketua Bhayangkari Daerah Bali, Ny. Ira Ida Bagus dan Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya dan Forkopimda Kabupaten Tabanan, turun langsung melepas tukik tersebut. 

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H. mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan satwa laut serta menjaga keseimbangan alam khususnya satwa penyu. Sebab penyu merupakan salah satu fauna yang dilindungi yang pada saat ini populasinya semakin menurun dan terancam punah.

“Pelepasan tukik ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga dapat mencegah punahnya populasi penyu di habitatnya dari penangkapan ilegal masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/9/23).

Dikatakannya, laut memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia yang perlu dijaga kelestariannya. Dengan melepas tukik ini pun diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan ekosistem yang sehat dan bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya.

“Pelepas liaran tukik di Pantai Pangkung Tibah Tabanan ini merupakan salah satu upaya Bhayangkari beserta seluruh elemen masyarakat dalam melestarikan alam dan menjaga ekosistem laut yang sehat,” ungkapnya.

Kabid Humas menjelaskan, banyak pantai di Bali menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Namun banyak masyarakat yang memburu telur tersebut, untuk dijual atau dikonsumsi. 

“Sebagai upaya edukasi kepada masyarakat, bertepatan dengan memperingati HKGB ke-71 dilakukan pelepas liaran tukik atau anak penyu di Pantai Pangkung Tibah,” jelasnya. 

Ditambahkannya, penyu sangat berperan dalam menjaga ekosistem laut. Pasalnya mereka dapat mengontrol komposisi spesies dan distribusi spons (bunga karang) dari ekosistem terumbu karang.

Selain melepas ratusan ekor tukik dan membersihkan pantai, Ketua Umum Bhayangkari bersama-sama masyarakat melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai. Ny. Juliati Sigit Prabowo juga menyerahkan 100 paket snack dan alat tulis kepada anak-anak yang peduli terhadap kebersihan pantai dan menyerahkan 300 paket sembako kepada warga.