Jaga Kamtibmas Kondusif Menjelang dan Pasca Perayaan Idul Fitri, Ditsamapta Polda NTT Aktif berperan dalam kegiatan Operasi Ketupat Turangga 2024

Jaga Kamtibmas Kondusif Menjelang dan Pasca Perayaan Idul Fitri, Ditsamapta Polda NTT Aktif berperan dalam kegiatan Operasi Ketupat Turangga 2024

Tribratanewsntt.com,- Dalam rangka menjaga keamanan, ketertiban masyarakat Personel Dit Samapta Polda NTT melakukan pengamanan terhadap berbagai kegiatan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri, Sabtu (6/4/24).

Kegiatan Pengamanan Operasi Ketupat di beberapa Pos Pam yang ada di Kota Kupang, seperti di Kuanino, Oebufu, Fatululi, dan Airmata, Ramayana Mall, serta Lipo Plaza.

Seperti kita kerahui bersama, Operasi Ketupat merupakan operasi terpusat yang digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) setiap tahunnya untuk memberikaan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yg akan merayakan hari raya Idul fitri, mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan dan masyarakat selama masa libur panjang Lebaran.

Dengan adanya operasi ini, diharapkan dapat meminimalisir kemacetan, kecelakaan lalu lintas, serta pelanggaran lainnya yang mungkin terjadi.

Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K, M.H., selaku Direktur Samapta Polda NTT, menyatakan selama pelaksanaan Operasi Ketupat, personel Ditsamapta Polda NTT baik yang terlibat langsung dalam Operasi Ketupat maun yang tidak terlibat seluruhnya melaksanakan giat pengamanan dipusat perbelanjaan, tempat penjualan takjil danpengamanan sholat tarawih di mesjid, melakukan pengaturan lalu lintas, serta memberikan himbauan kepada masyarakat terkait pentingnya keselamatan berkendaraan. 

Dalam hal ini, Kepolisian mengajak seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan, ketertiban dan keselamatan diri maupun oranglain saat berkendaraan "Kami berharap agar masyarakat patuh terhadap aturan berlalu lintas dan bersikap bertanggung jawab saat mengemudi demi keselamatan bersama," ungkap Kombes Pol Sudarmin.

Operasi Ketupat ini direncanakan akan berlangsung hingga 16 April mendatang guna memastikan kelancaran arus balik pemudik. Melalui upaya ini, diharapkan dapat tercipta kondisi situasi kamtibmas yang kondusif dan lalu lintas yang aman dan tertib bagi seluruh masyarakat yang melaksanakan Hari Raya Idul Fitri.