Beri Pengertian Tertib Lalulintas Sejak Dini, Ditlantas Polda NTT Kunjungi SMP Surya Mandala Kupang

Beri Pengertian Tertib Lalulintas Sejak Dini, Ditlantas Polda NTT Kunjungi SMP Surya Mandala Kupang
Beri Pengertian Tertib Lalulintas Sejak Dini, Ditlantas Polda NTT Kunjungi SMP Surya Mandala Kupang

Tribratanewsntt.com - Demi untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya pemahaman lalu lintas, Ditlantas Polda NTT gelar kegiatan Police Goes To School di SMP Surya Mandala, di jalan Timor Raya, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Jumat (26/11/2021).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit 2 Subdit Kamsel AKP Ratna Yuda Tupong bersama dua anggota Ditlantas Polda NTT dengan melaksanakan kegiatan Dikmas Lantas kepada siswa Sekolah Menengah dalam rangka upaya pre-emtif dan penanaman budaya tertib berlalu lintas terhadap pelajar sejak dini dan mentaati prokes Covid 19. Kegiatan ini diikuti oleh 60 siswa dari kelas 7 hingga kelas 9.

Dirlantas Polda NTT Kombes Pol. Rahmat Hakim, S.I.K., M.H., melalui Kanit 2 Subdit Kamsel AKP Ratna Yuda Tupong mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan semacam ini diharapkan akan dapat mengurangi dan menekan fatalitas kecelakaan lalu lintas.

“Kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran dan kepatuhan para pelajar terhadap aturan lalu lintas,” katanya.

"Selain itu, kami juga memberikan imbauan untuk tidak menggunakan sepeda motor sebelum cukup umur. Karena siswa SMP secara psikis tingkat emosional masih labil, jadi dapat membahayakan diri maupun orang lain ketika mereka menggunakan kendaraan bermotor,” tambahnya.

Pendekatan seperti ini, menurutnya, akan terus dilakukan kepada sekolah-sekolah, baik dasar ataupun atas. "Sebab ini akan membantu meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas ditingkat pelajar", ungkapnya.

"Dan kegiatan ini untuk menunjukan profesionalitas polisi lalu lintas dan menumbuhkan kecintaan terhadap tertib berlalu lintas", tandasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Surya Mandala Ibu Bendelina Mata, S.Pd., menyampaikan dengan adanya sosialisasi, siswa mengerti tentang rambu-rambu lalu lintas dan peraturan lalu lintas serta berharap kegiatan seperti ini dilakukan secara terus menerus dan berkala kepada siswa didiknya.

"Kami dari pihak SMP Surya Mandala sangat berterimakasih kepada kepolisian yang telah memberi pengarahan pada anak didik, sehingga siswa mengerti tentang berlalulintas yang baik dan benar", ujarnya.

Kegiatan pun diakhiri dengan penyerahan buku pendidikan Lalu Lintas oleh AKP Ratna Yuda Tupong  kepada Kepala Sekolah SMP Surya Mandala Kota Kupang sebanyak 6 buku.