Berikan Arahan kepada Anggota Flotim, Kapolda NTT: Siapkan Diri Sebagai Pembasmi Masalah

Berikan Arahan kepada Anggota Flotim, Kapolda NTT: Siapkan Diri Sebagai Pembasmi Masalah

Tribratanewsntt.com- Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), memberikan arahan kepada anggota Polri saat melakukan kunjungan kerja di Mapolres Flotim pada Rabu (20/3/2024).

Dalam arahannya, Kapolda Silitonga menekankan pentingnya bagi anggota Polri untuk siap menjadi pembasmi masalah di masyarakat. "Sebagai anggota Polri kita dipersiapkan untuk menyelesaikan masalah atau pembasmi masalah di masyarakat, dan itu yang kita harapkan," ujarnya.

Beliau juga menekankan pentingnya memiliki daya kreativitas, daya dobrak, dan pemikiran yang maju agar mampu menjadi polisi yang efektif dalam menyelesaikan masalah. Ini sejalan dengan empat kebijakan yang telah ditetapkan Kapolda NTT sejak mulai menjabat di lingkungan Polda NTT.

Pertama, adalah persiapan mental. "Kalo dari rumah kita sudah siap dengan baik, siap hati, mental, peralatan, dan lainnya, maka tugas melayani masyarakat akan ringan," katanya.

Kedua, adalah pelayanan kepada masyarakat dengan hati. Kapolda menekankan bahwa peran anggota Polri bukan hanya sebagai pembantu, tetapi sebagai pihak yang membantu masyarakat menyelesaikan masalah. "Masyarakat butuh kita untuk membantu menyelesaikan masalah sehingga kita harus siap," tegasnya.

Ketiga, adalah kerja sama dengan semua komponen yang ada. Menurut Kapolda, satu musuh terlalu banyak, dan seribu kawan terlalu sedikit. Oleh karena itu, polisi harus bersahabat dengan semua lapisan masyarakat untuk menyelesaikan masalah.

Kapolda juga membagikan pengalaman pribadinya saat menjabat sebagai Kapolresta Malang, di mana beliau memiliki program mendatangi setiap rumah warga setiap hari untuk membantu menyelesaikan masalah. Program ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat.

Terakhir, adalah menjadi contoh dan teladan. "Kita harus menjadi teladan dari rumah kita sendiri, baru kemudian menjadi contoh bagi masyarakat," kata Kapolda, menekankan pentingnya sikap hormat dan penghargaan terhadap sesama.

Usai arahan, Kapolda NTT memberikan tali asih kepada personel Polres Flotim sebagai simbolik komitmen dalam menjalankan tugas. Acara ini dihadiri oleh para pejabat utama Polda NTT dan seluruh anggota Polres Flotim. Dengan semangat arahan Kapolda, diharapkan anggota Polri dapat lebih efektif dalam menjalankan tugasnya sebagai pembasmi masalah di masyarakat.