Bhabinkamtibmas Bersama Kepala Desa Pondo Bagikan Masker Dan Sabun Cuci Tangan Kepada Warganya

polres mabar

Bhabinkamtibmas Bersama Kepala Desa Pondo Bagikan Masker Dan Sabun Cuci Tangan Kepada Warganya

Tribratanewsntt.com - Bhabinkamtibmas Desa Pondo tak henti-hentinya melakukan pedekatan kepada masyarakat Desa Pondo Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat yang merupakan wilayah binaannya dan selalu memberikan pelayanan Kepolisian yang maksimal kepada masyarakat Desa Pondo.

Selain itu Bhabinkamtibmas juga selalu menjalin silaturahim kepada masyarakat di desa binaanya sehingga hubungan masyarakat dengan Bhabinkamtibmas terjalin dengan baik. Kali ini Bhabinkamtibmas Brigpol Adrianus Don Bosko bersama dengan Kepala Desa Arnoldus dan Satgas Covid-19 Desa Pondo melakukan pembagian masker dan sabun cuci tangan untuk warga guna mencegah penularan Virus Corona (Covid-19) di Desa Pondo, Sabtu (02/05/20) kemarin.

Arnoldus, Kepala Desa Pondo mengungkapkan, pembagian masker dan sabun cuci tangan ini dilakukan secara door to door kepada warga. Tak hanya membagikan masker dan sabun cuci tangan saja, pihaknya bersama Bhabinkamtibmas dan Staf Desa juga melakukan sosialisasi terkait Covid-19, dan menghimbau kepada warganya untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

“Satu rumah kita bagikan masker dan sabun cuci tangan, kita juga lakukan sosialisasi terkait dengan Covid-19, serta menghimbau masyarakat untuk tidak berpergian keluar kota dahulu, kecuali kalau benar-benar penting, dengan catatan melapor ke ketua RT setempat,” ungkapnya.

Arnoldus juga menjelaskan, memerangi wabah Covid-19 ini merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya petugas kesehatan saja. Ia berharap dengan adanya beberapa langkah yang sudah dilakukan Pemerintah Desa Pondo ini bisa ikut mencegah penyebaran Covid-19 di Manggarai Barat.

Pada kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas juga mensosialisasikan pola hidup sehat dan Maklumat Kapolri nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19, dimana antara lain adalah mengurangi kegiatan diluar ruangan yang sifatnya menimbulkan keramaian. Hal ini merupakan perintah langsung dan tertera didalam Maklumat Kapolri. 

“Apabila kegiatan diluar rumah sangat penting maka tetap jaga jarak dengan orang disekitar atau terapkan physical distancing, jangan sampai bersentuhan langsung dengan orang lain dan pada saat kembali kerumah langsung cuci tangan atau mandi menggunakan sabun dan mengganti pakaian,” jelasnya

Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mencegah penyebaran Virus Corona yang saat ini telah masuk ke Negara Indonesia khususnya di wilayah kita sudah ada yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Bhabinkamtibmas bersama Kepala Desa juga mengajak kepada warga untuk mendukung program pemerintah melalui Himbauan Pemerintah Pusat, Maklumat Kapolri dan anjuran Pemerintah Daerah tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona dan meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Sebisa mungkin warga berdiam diri didalam rumah dan melakukan pekerjaan dari rumah, warga harus tetap tenang dan berdoa dalam mengadapi wabah ini, tetap jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan bersama,” ungkapnya

Bhabinkamtibmas juga menekankan kepada warga agar tidak memposting berita-berita yang belum tentu benar atau Hoax terkait dengan Virus Corona ini ke media sosial karena akan menimbulkan keresahan bagi masyarakat yang membacanya. Apabila merasakan gejala-gejala yang mirip seperti Covid-19 agar segera melaporkan diri ke Kepala Wilayah setempat agar Tim kesehatan yang mengunjungi rumah pasien untuk dilakukan pemeriksaan.

“Semoga masyarakat dengan Polri bersama dengan Pemerintah dapat bekerja sama dalam menjaga situsi di wilayahnya agar tetap aman dan kondusif terhindar dari segala permaslahan dan penyakit,” tatupnya.