Bidkeu Polda NTT Gelar Kegiatan Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Semester I T.A. 2020

Bidkeu Polda NTT Gelar Kegiatan Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Semester I T.A. 2020

Tribratanewntt.com - Bidang Keuangan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Bidkeu Polda NTT) menggelar kegiatan penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan Polri Polda NTT semester I T.A. 2020, Rabu (8/7/2020) pagi.

Kegiatan yang digelar di Hotel Sylvia Kota Kupang ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Keuangan (Kabidkeu) Polda NTT Kombes Pol. Drs. Sofyan Tanjung yang dihadiri oleh Auditor Madya Tk. 3 Itwasda Polda NTT Kombes Pol. Arief dan mewakili Karolog AKBP Y. T. Goro, para Kaurkeu/ Kasikeu/ paurkeu satker jajaran, para Operator saiba satker jajaran,Operatos Simak BMN satker jajaran, Operator Tunkin satker jajaran serta Benma satker jajaran Polda NTT.

Seperti kita ketahui bahwa Bidang Keuangan memiliki peran sebagai unsur pendukung organisasi Polri, dimana unsur ini merupakan bagian yang sangat penting bagi keberlangsungan organisasi Polri dalam bidang pembiayaan, pengawasan keuangan, serta akuntansi pelaporan keuangan di langkungan Polri.

Saat membacakan amanat Kapolda NTT, Kabid Keuangan menyampaikan sesuai dengan Pasal 3 (1) UU No 17 Thn 2003 tentang Keuangan Negara, tiap penyelenggara Negara wajib mengelola Keuangan Negara secara tertib, taat pada peraturan per UU, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa  keadilan dan kepatutan.

"Pelaksanaan penyelenggaraan anggaran dalam Tahun 2020 terjadi wabah Pandemi Covid 19, dalam hal ini mempengaruhi situasi secara umum dalam kinerja pelaksanaan anggaran masing- masing Satker, namun tetap dituntut untuk dapat mempertanggung jawabkan pengelola Anggaran dalam Semester 1", ucap Kombes Pol. Drs. Sofyan Tanjung.

Lanjut ia katakan, untuk itu tema melalui Rekonsiliasi Saiba dan Simak BMN dalam rangka penyusunan Lapkeu Polri yang akuntabel, Polda NTT siap mempertahankan Opini WTP dari BPK RI.

Direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, untuk itu Kabidkeu Polda NTT mengajak para peserta agar serius dan fokus dalam kegiatan ini.

"Dalam kegiatan ini, diharapkan dapat memanfaatkan sebagai wadah untuk dapat mempertanggung jawabkan anggaran yang telah diberikan oleh Negara", pungkasnya.