Brigpol Anwar Chodry Hadiri Upacara Adat Membuka Pintu Desa Naitimu

Brigpol Anwar Chodry Hadiri Upacara Adat Membuka Pintu Desa Naitimu

Tribratanewsntt.com - Bhabinkamtibmas Polsek Tasifeto Barat, BRIGPOL Anwar Chodry, kamis (25/7/19) pagi pukul 10.00 WITA, menghadiri sekaligus melaksanakan pengamanan upacara/tradisi adat membuka pintu Desa Naitimu, kecamatan Tasifeto Barat, kabupaten Belu.

Upacara adat yang digelar pukul 10.00 WITA tepatnya di dusun Haliserin, desa Naitimu, dihadiri Kepala desa Naitimu beserta staf, pamong adat desa naitimu, ketua dan anggota lembaga adat desa Naitimu, ketua BPD desa Naitimu, ketua LPM desa Naitimu, Babinsa Koramil 1605 Halilulik, para kepala dusun serta para tokoh adat desa Naitimu.

Saat dimintai keterangan, BRIGPOL Anwar yang nota bene Bhabin di desa tersebut menjelaskan, rangkaian tradisi desa naitimu di awali dengan acara kebersamaan secara bergilir meniup beberapa beras yang di letakan di tangan peserta yang hadir di tradisi adat tersebut.

“Selesai meniup beras, para tokoh adat kemudian menceritakan sejarah nenek moyang Naitimu dan kemudian dilanjutkan dengan membunuh seekor babi dan ayam sebagai wujud syukur kepada nenek moyang desa Naitimu. Hewan tersebut kemudian di buat makan bersama di tempat adat”terang Bhabin.

“Secara umum kegiatan sampai dengan pukul 3 sore berjalan lancar dan kehadiran Saya disini sebagai bentuk sinergitas Kita (Polri) dengan aparat desa, para tokoh dan juga masyarakat di desa binaan Saya”tutup Bhabin.