Cegah Corona, Bhayangkari Cabang TTU Cek Suhu Tubuh Personil Polres TTU

Cegah Corona, Bhayangkari Cabang TTU Cek Suhu Tubuh Personil Polres TTU

Tribratanewsntt.com - Untuk mencegah dan mendeteksi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 bagi anggota Polri, Bhayangkari Cabang TTU menggelar kegiatan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan Thermometer Inflared yang berlangsung di Penjagaan Mako Polres TTU, Kamis (19/3/2020).

Pemeriksaan di lingkungan Polres TTU ini diikuti oleh Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Dias Quintas,S.I.K, Wakapolres TTU Kompol Yeter Selan, sejumlah Pejabat Utama (PJU) serta personil Polres TTU.

Pengecekan suhu tubuh dilakukan oleh Ketua Bhayangkari TTU Ny. dr Ayu Nelson didampingi Wakil Ketua Bhayangkari Cabang TTU Ny.Theresia Yeter Selan serta petugas medis Poliklinik Polres TTU.

Ny. dr Ayu Nelson menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus mengukur tingkat suhu tubuh personil Polres TTU , pegawai PNS polri serta pengunjung yang datang.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Bhayangkari TTU ini sangat penting untuk para personil Polres TTU karena tugas dan kewajiban yang selalu berinteraksi dengan banyak orang dan TTU sendiri terdapat daerah yang berbatasan dengan negara luar sehingga rentan untuk penularan penyakit, seperti yang diketahui bahwa salah satu gejala virus corona adalah meningkatnya suhu tubuh,”pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, Ny. dr Ayu Nelson juga menjelaskan sekilas tentang virus corona serta gejalanya. “Secara umum apabila seseorang mengalami demam,batuk, sesak nafas serta pernah mengunjungi daerah endemis corona dia tergolong pasien dalam pengawasan(PDP) sedangkan jika dia sempat bepergian ke tempat yang terkena penyebaran virus corona dia tergolong kedalam Orang Dalam Pemantauan (ODP),“jelasnya.

Selain itu Ny. dr Ayu Nelson juga menjelaskan cara pencegahan virus corona, “jika mengalami demam atau batuk silahkan pergi ke tenaga medis untuk diperiksa serta gunakan masker. apabila tidak memiliki masker, ikuti etika batuk dan bersin yang benar, yaitu dengan tidak menutup mulut menggunakan telapak tangan melainkan dengan siku bagian dalam serta kurangi bepergian ketempat-tempat umum yang ramai pengunjung,“tambahnya.

Ketua Bhayangkari TTU juga mengimbau agar senantiasa terus menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah, meski terlihat sederhana, tapi merupakan langkah penting agar penyebaran penyakit ini bisa ditekan.