Cegah Diabetes Bid Dokkes Polda NTT Gelar Penyuluhan di Polres Belu

Cegah Diabetes Bid Dokkes Polda NTT Gelar Penyuluhan di Polres Belu

Tribratanewsntt.com - Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya.

Tubuh pasien dengan diabetes mellitus tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga kadar gula darah meningkat dan dapat menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang pada pasien tersebut.

Hal ini disampaikan ketua Tim Bid Dokkes Polda NTT KOMPOL dokter ANOM, kepada anggota Polres Belu saat menggelar penyuluhan kesehatan tentang pencegahan penyakit diabetes/kencing manis, di aula Rupatama Polres Belu, kamis (24/8/17).

Penyakit DM lanjut dokter, pada dasarnya hanya bisa dikendalikan bukan disembuhkan. Itu artinya meskipun orang telah menyandang diabetes, ia tetap bisa hidup sehat secara normal dengan cara mengendalikan kadar gula darahnya dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, dokter Anom memberikan sejumlah tips yang wajib diikuti dan dilaksanakan agar seseorang jauh dari Diabetes.

“Pertama-tama Kita kenali dulu penyebab diabetes itu apa. Kalau Kita sudah tahu maka kecil kemungkinan akan terserang penyakit tersebut” kata dokter Anom yang didampingi Kabag Sumda Polres Belu AKP Januarius Seran, SH.

“Penyebabnya banyak seperti suka makan berlemak dan manis, malas olahraga, kurang istirahat, dan berat badan berlebih” lanjut dokter.

Penyuluhan kesehatan yang berlangsung pukul 09.00 wita, di ikuti sejumlah Perwira Staf, Brigadir dan PNS Polri Polres Belu.