Di HUT ke-41 Satpam, Kapolda NTT Tekankan Pahami Tugas Pokok dan Terus Kembangkan Diri

Di HUT ke-41 Satpam, Kapolda NTT Tekankan Pahami Tugas Pokok dan Terus Kembangkan Diri

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Setyo Budiyanto, S.H., M.H meyatakan hal yang paling penting dan utama yang harus dipahami oleh anggota Satuan Pengamanan (Satpam) ketika mendapatkan kewenangan sebagaimana tugas pokoknya adalah memelihara, menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan kerjanya.

Hal ini disampaikan Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satpam di Mapolda NTT, Rabu (2/2/2022).

“Tanggung jawab paling utama adalah menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya. Jadi kalau sudah di luar lingkungan kerja, maka rekan-rekan Satpam semuanya menjadi masyarakat biasa, tetapi pada saat ada tindakan kejadian tertentu, ada Polisi yang membutuhkan bantuan bisa membantu, bisa mendukung, bisa membackup”, Kata Kapolda NTT.

“Di saat melaksanakan tugas yang tadi saya sampaikan, di lingkungan kerjanya, kewenangan Satpam mutlak”, jelasnya.

Lanjut, setelah memahami tugas pokoknya, para Satpam ditekankan untuk terus mengembangkan diri dengan belajar dari proses pengalaman.

“Pengalamanlah yang akan membuat kita menjadi matang, dewasa, cerdas, pintar dan sebagainya. Jadi kemudian meskipun posisinya hanya Satuan Pengamanan, jangan kemudian malas untuk mengembangkan diri. Belajar itu tidak ada batasnya.

Ia pun berharap agar para Satpam melakukan pekerjaanya dengan baik, iklas tidak pantang menyerah, tidak menerima begitu saja.

“Manfaatkan kesempatan ini, untuk melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Usia Satpam sudah 41 tahun, usia yang menurut saya sudah cukup dewasa”, harap Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Kapolda NTT pun menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun ke-41 kepada para Satpam.

Saya mengucapakan selamat kepada Bapak-bapak semua, rekan-rekan Satpam semuanya, peringatan HUT ke-41Satpam ini, maknanya tentu harus kita ambil sebagai sebuah hikmah untuk semangat dalam menjaga kamtibmas bersama-sama dengan Polri dan penanganan covid-19”, tutupnya.

Upacara peringatan HUT ke-41 Satpam dengan tema “Bersama Polri, Satpam menjaga kamtibmas dan penanggulangan Covid-19” ini sendiri dilakuakn serentak di seluruh Indonesia secara virtual yang dipimpin langsung oleh kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Di Mapolda NTT, peringatan HUT ke-41 Satpam ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kapolda NTT dan diserahkan ke salah satu perwakilan anggota Satpam.

Hadir dalam juga dalam kegiatan ini, Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol Drs. Taufiq Tri Atmojo dan sejumlah pejabat Utama Polda NTT, para Direktur Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) serta sebanyak 30 perwakilan Anggota Satpam.