Ditreskrimsus Polda NTT Berhasil Ungkap Kasus Penyalahgunaan Pengangkutan BBM Bersubsidi

Ditreskrimsus Polda NTT Berhasil Ungkap Kasus Penyalahgunaan Pengangkutan BBM Bersubsidi
Kabidhumas Polda NTT dan Dirreskrimsu Polda NTT saat konferensi pers terkait pengungkapan kasus BBM bersubsidi, Kamis (28/4)

Tribratanewsntt.com - Subdit IV Tipiter Ditreskrimsua Polda NTT berhasil mengungkap kasus dugaan Tindak Pidana (TP) penyalahgunaa pengangkutan dan niaga BBM bersubsidi sebanyak 1.800 Liter di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada hari Rabu kemarin (27/4/2022).

Hal ini diungkapkan oleh Kabidhumas Polda NTT AKBP Ariasandy, S.I.K didampingi Dirreskrimsus Polda NT Kombes Pol Dr. Noviana Tursanurohmad, S. I. K., M. Si kepada Wartawan saat konferensi pers di Mapolda NTT, Kamis (28/4/2022).

"Modus operandinya, BBM bersubsidi jenis minyak tanah diangkut menggunakan mobil pick up dari tempat penampungan rumah saudara terduga Atae Taolin ke lokasi tambang atau industri milik PT. Karya Mandiri yang beralamatkan di Desa Naiola, Kecamata Bikomi Selatan, Kabupaten TTU", ujar AKBP Ariasandy, S.I.K.

Lanjutnya, pasal yang disangkakan sesuai ketentuan yang dilanggar yakni, UU nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, perubahan UU nomor 22 tahun 2001 tentang migas pasal 55, pasal 56 ayat (1) dan ayat (2).

"Barang bukti yang diamankan adalah mobil pick up mitsubshi L300 kemudian sebanyak 1.800 liter BBM minyak tanah yang disimpan di 9 drum besi berukuran 200 liter dan satu kunci mobil. Saat ini barang bukti diamankan di Mapolres TTU", terang Kabidhumas Polda NTT.

"Sementara tersangka berinisial FB (58) yang merupakan pria asal Kabupaten Timor Tengah Utara", tambahnya.

Terkait kronologi kejadiannya, Kabidhumas Polda NTT menyamapikan bahwa, pada hari Rabu tanggal 27 April 2022 sekira pukul 14.30 Wita, saat Anggoya Ditreskrimsus Polda NTT melakukan patroli penyalahgunaan BBM, didapati satu unit mobil mitsubishi pick up L300 berwarna hitam dari arah Kecamatan Kefamenanu menuju Kecamtan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) membawa BBM bersubsidi Minyak Tanah di dalam 9 buah drum. Kemudian dihentikan di kecamtam Bikomi Selatan, Kabupaten TTU, dengan menunjukkan surat perintah tugas dan meminta supir yang bernama Fransiskus Barbosa menunjukan barang bawaan yang ada di bak belakang mobil tersebut, dan ditemukan  sembilan buah drum yang totalnya berisi 1800 liter BBM jenis Minyak Tanah.

"Karena Supir tidak dapat memperlihatkan dokumen yang sah terkait pengangkutan dan perniagaan BBM bersubsidi Pemerintah tersebut, maka FB di bawa ke Polda NTT guna proses lebih lanjut", tandas Kabidhumas Polda NTT.

Sementara itu, Dirreskrimsus Polda NTT menambahkan bahwa, perkara ini tetap diproses lebih lanjut dan perkembangannya akan Disamapikan kepada media.

"Yang jelas, perkara ini tetap akan kami proses lebih lanjut", pungkas Dirreskrimsus Polda NTT.