Dukungan Polres Sumba Timur dalam Sistem Keamanan Lingkungan Sumba Timur

Dukungan Polres Sumba Timur dalam Sistem Keamanan Lingkungan Sumba Timur

Tribratanewsntt.com – Peresmian Pos Kamling sebagai tindaklanjut program Polisi Peduli Siskamling sebagai  program terebosan kreatif, Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M. T. Silalahi, SH, MH dengan memadukan sinergitas tiga pilar yakni TNI (Babinsa), Polri (Bhabinkamtibmas) dan aparat pemerintah (Camat, Lurah, Kades, Rw dan Rt).

Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam memberikan risribusi komunikasi serta informasi secara external (dari dan bagi masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman

Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuhn kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap dilingkungannya masing-masing.

Perwujudan siskamling ditengah masyarakat salah satunya yakni membangung Pos Kamling. Dengan adannya Poskamling yang dibanguan oleh swadaya masyarakat ini, dapat membantu pihak Kepolisian dalam hal menjaga kamtibmas di wilayahnya serta dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, dan dapat dimanfaatkan dengan kegiatan yang bersifat positif dan membantu menjaga kamtibmas, karena kamtibmas merupakan tanggung jawab kita semua.