Gandeng Dinas Kesehatan, Polres TTU Gelar Pelatihan Tracer Covid-19 Bagi Personel Bhabinkamtibmas

Gandeng Dinas Kesehatan, Polres TTU Gelar Pelatihan Tracer Covid-19 Bagi Personel Bhabinkamtibmas

Tribratanewsntt.com - Personel Bhabinkamtibmas dari jajaran Polres Timor Tengah Utara (TTU) mengikuti pelatihan Tracer Covid-19 di Aula Bhayangkari Polres TTU. Jumat, (26/02/2021).

Dalam kegiatan ini, Polres TTU menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten TTU untuk memberikan pelatihan kepada para Bhabinkamtibmas terkait pencegahan serta pelacakan kasus Covid-19.

Kasatbinmas Polres TTU Iptu Felix Kadati menjelaskan bahwa pelatihan ini ditujukan untuk membantu para tenaga kesehatan (Nakes) di masing-masing desa/kelurahan dalam melacak kontak erat pasien Covid-19.

"Di sisi lain, pelatihan ini juga untuk mendukung penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro", ujar Iptu Felix Kadati.

Dijelaskan juga bahwa, para Bhabinkamtibmas diberi pemahaman dasar mengenai Covid-19, penyebabnya apa, seperti apa tanda-tandanya dan cara pencegahan dan penularan Covid-19.

Selain pengetahuan Covid-19, Kasatbinmas menambahkan bahwa para Bhabinkamtibmas dibekali cara tracing atau pelacakan kontak erat. Cara melacak, tujuan tracing apa. Bagaimana pencatatan.

"Mereka pun dibekali tentang cara melakukan penulusuran, melakukan pemantauan karantina dan isolasi mandiri serta pemberdayaan masyarakat dalam pemantauan karantina dan isolasi mandiri", tandasnya.