Gelar Patroli Pasca Coblos,Gabungan TNI Polri Bubarkan Konvoi Massa di Beberapa Titik di Kota Atambua

Gelar Patroli Pasca Coblos,Gabungan TNI Polri Bubarkan Konvoi Massa di Beberapa Titik di Kota Atambua

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka menjamin kondusifitas pasca pemungutan dan penghitungan suara Pilkada di Kabupaten Belu tahun 2020, jajaran TNI POLRI menggelar patroli gabungan, Rabu (9/12/2020).

Kegiatan patroli dipimpin langsung Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si, yang diikuti Kabagops ,Kasat Lantas,  Kasi Propam, Danton Brimob BKO Brimob Nusantara, satu regu Kodim 1605 Belu, satu peleton BKO Brimob Nusantara serta satu regu anggota Samapta.

Menggunakan roda dua dan empat, Kapolres Belu dan rombongan menyisir pertokoan pasar Lama, tanah merah, Sukabiren ,Pasar Baru, Tini, Lolowa, Pasar Baru, kembali ke Pertokoan pasar lama, tugu patung kuda, tanah merah, dan kembali ke Mako.

Dalam patroli tersebut, Kapolres Belu dan rombongan mengimbau masyarakat yang sedang berkumpul untuk tidak berkerumun mematuhi protokol kesehatan serta tidak mengganggu arus jalan raya yang mengakibatkan kemacetan.

Selain mengimbau, patroli gabungan TNI Polri juga membubarkan aksi konvoi yang dilakukan simpatisan atau pendukung dari dua paslon, yang dilakukan mereka pasca penghitungan suara.

"Ada beberapa titik konvoi yang Kita bubarkan antara lain di pasar lama, pasar baru dan cabang patung kuda. Kita imbau supaya menunggu hasil pemilihan di rumahnya masing-masing. Tadi juga di tanah merah, nyaris saja adu jotos sejumlah masyarakat dari dua pendukung. Belum sempat bentrok, kita lerai dan berikan imbauan ke mereka"kata Kapolres Belu.

"Untuk patroli ini sendiri akan Kita tingkatkan eskalasinya di tempat-tempat yang kita deteksi menjadi titik kumpul masyarakat. Kalau masih ada kumpul-kumpul maupun konvoi maka akan Kita bubarkan dan yang menjurus ke anarkis maka akan kita proses sesuai hukum"pungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Kapolres Belu mengatakan dirinya telah memerintahkan seluruh perwira pengendali dan Kapolsek jajaran, untuk menebalkan pasukan berseragam di lapangan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Rekan-rekan Kapolsek dan Pamatwil sudah saya perintahkan untuk rutin melaksanakan patroli dan kotak suara betul-betul diamankan, jangan sampai lengah"kata Kapolres Belu.

"Dan secara ontime melaporkan setiap perkembangan terjadi. Kalau ada kejadian, segera ambil tindakan sesuai prosedur supaya tidak berkembang menjadi besar"pungkas Kapolres Belu.