Hadiri Penyerahan Ijazah Siswa Bintara Polri T.A. 2021, Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Merasa Bangga dengan Polda NTT

Hadiri Penyerahan Ijazah Siswa Bintara Polri T.A. 2021, Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Merasa Bangga dengan Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama bapak Dr. Godlief F. Neonufa mewakili Rektor Universitas Arta Wacana Kupang menghadiri kegiatan Penyerahan ijazah kepada 230 Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Tahun Anggaran 2021 angkatan 46 Sekolah Polisi Negara Polda NTT, Senin (20/12/2021).

Kegiatan yang digelar di Aula SPN Polda NTT ini dipimpin Kapolda NTT diwakili oleh Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widiarto, S.I.K., bersama Ka SPN Polda NTT Kombes Pol. Nanang Putu Wardianto, S.St., M.K., dan dihadiri oleh pejabat Utama SPN Polda NTT serta perwakilan orang tua Siswa Bintara dan 230 siswa pembentukan Bintara Polri T.A. 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama menyampaikan ucapan terimakasih atas undangan dalam rangka menghadiri acara penyerahan ijazah bintara Polri pembentukan bintara Polri Tahun 2021.

"Saya mewakili Rektor mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Kapolda NTT, sekaligus penyampaian penghargaan kami, penghormatan kami kepada Pak Kapolda yang kami baca dalam berita telah mengakhiri tugas dan tanggung jawab di Nusa Tenggara Timur  dan akan bertugas ke Maluku. Terima kasih selama Bapak menjadi Kapolda di Nusa Tenggara Timur telah mengayomi dan banyak memberikan perhatian kepada dunia pendidikan di Nusa Tenggara Timur terutama Universitas Universitas Arta Wacana Kupang", ucap Dr. Godlief F. Neonufa

"Kami Universitas Arta Wacana Kupang sangat berbangga untuk kedua kalinya kami hadir di dalam acara penyerahan ijazah ini. Dan kami sangat berbangga karena dalam undangan ini hanya tertera sambutan Rektor Universitas Kristen Kupang di antara 54 perguruan tinggi yang ada di NTT adalah suatu kebanggaan buat kami", lanjutnya.

Dikatakannya, Lebih dari 10 tahun yang lalu sebuah kerja sama telah terbentuk antara Universitas Kristen Arta Wacana Kupang dengan Polda NTT yang lebih khusus dengan SPN Polda NTT. "Seingat saya kerja sama itu terjadi pada waktu saya menjadi Rektor Universitas Kristen Universitas Arta Wacana Kupang. Saya merintis, mempercepatkan dan akhirnya masuk ke dalam kerja sama yang baik. Tapi Kami yakin bahwa Polri tidak berhenti dengan hanya pembentukan pendidikan-pendidikan Bintara Polri. Ini adalah awal daripada bintara-bintara Polri baru memasuki dunia kerja dengan modal ijazah sekolah menengah atas dan juga pendidikan tambahan yang diberikan oleh SBL dalam beberapa bulan.

"Itu berarti bahwa untuk memenuhi tuntutan kinerja yang baik bagi pelayanan masyarakat oleh Polri yang berada di lini-lini apakah itu lini di kepolisian sektor apa Polres ataupun kemudian di Polda, Maka perlu ada peningkatan-peningkatan atau upgrading pendidikan yang telah ada sebagai dasar menuju kepada sesuatu atau target menjadi Polri sempurna dengan tindakan-tindakan dan kualitas personel yang tinggi", katanya.

Dijelaskannya bahwa para Bintara baru perlu untuk terus mengasah interpersonal skill sehingga kemudian ketika berada di masyarakat Pelayanan akan semakin cepat dan ada lima keterampilan dasar yang harus dipenuhi oleh seorang anggota polisi. Terutama tuntutan bagi bintara baru yaitu observing skill, describing skill, listening skill, questioning skill dan summarizing skill.

"Lima keahlian ini yang perlu dimiliki oleh seorang personel Polri, untuk memiliki ini butuh pengetahuan dan butuh ilmu tambahan. Di sinilah Universitas Kristen selalu hadir dan membangun kerja sama dengan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur untuk kami terus mengambil bagian di dalam pembentukan skill-skill yang saya sebutkan tadi", jelasnya.

Lanjut dikatakan, bahwa telah tercatat banyak sekali alumni-alumni Universitas Kristen Arta Wacana Kupang Kupang yang pernah menduduki jabatan-jabatan dan level-level tertentu.

"Saya Sebagai wakil Rektor dan juga mantan Rektor saya tahu bahwa telah banyak sekali persembahan daripada Universitas Kristen Kupang untuk Polda Nusa Tenggara Timur untuk Polri. Dan ini menjadi sebuah kebanggaan kami sekali menjadi promosi baik bagi Universitas Arta Wacana Kupang. Hari ini 230 Bintara Polri Baru yang tentunya akan terdistribusi di Polda Nusa Tenggara. Universitas Kristen Artawacana Kupang dalam kerja samanya dengan Polda NTT lebih khusus kepada SPN kami terbuka untuk menerima kehadiran daripada bintara-bintara baru ini manakala pada suatu ketika mengambil keputusan untuk melanjutkan studi dan kemudian untuk lebih memperkuat tampilan kinerja hukum dimasyarakat, kami fakultas Hukum sangat terbuka", ungkapnya.

Ia juga mengucapkan selamat bagi seluruh siswa yang akan dilantik menjadi bintara-bintara Polri baru berjumlah 230 orang. Dengan pemberian ijazah ini dapat dimanfaatkan secara baik dan dapat memberikan pengaruh-pengaruh positif bagi kehidupan dan kesadaran hukum di masyarakat Nusa Tenggara Timur.

"Kami sebagai masyarakat dan juga bagian akademik, kami bangga dengan Polri dengan Polda Nusa Tenggara Timur. Karena itu kami berharap Bintara-bintara Polri terus merawat nama baik daripada institusi Polri dalam kegiatan kesehariannya dimana pun berada. Kami sangat berharap kebanggaan bangsa ini. Polisi Republik Indonesia jangan sampai dicemari oleh hal-hal yang tidak dikehendaki perilaku-perilaku yang tidak menunjukkan teladan bagi masyarakat dimana pun kita melayani. Kiranya Tuhan memberkati seluruh produk daripada Bintara Polri yang dihasilkan oleh Polda Nusa Tenggara Timur", tandasnya.