Human Trafficking dan Narkoba Jadi Sorotan Kapolda NTT

Human Trafficking dan Narkoba Jadi Sorotan Kapolda NTT

Tribratanewsntt.com - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Brigadir Jenderal Polisi Drs. E Widyo Sunaryo melaksanakan tatap muka dengan anggota Polres Sumba Timur, anggota Brimob Sub Den III Pelopor Sumba A dan Purnawirawan Polri di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Sumba Timur, Senin (14-03-2016).

Dalam acara tatap muka tersebut Kapolda NTT yang didampingi oleh Dir Binmas Polda NTT Komisaris Besar Polisi Yayat J Atkawijaya dan Dir Lantas Polda NTT Ajun Komisaris Besar Polisi Nanang Masbudi serta staf Spripim dan Humas Polda NTT.

Dalam arahannya, Kapolda NTT menekankan kepada seluruh anggota Polri yang ada di Sumba Timur agar memelihara harmonisasi antara TNI dan Polri, karena dengan adanya harmonisasi antara kedua instansi tersebut masyarakat menjadi aman dan merasa terlindungi.

Kapolda NTT juga mengharapkan kepada seluruh personel Polri khususnya Polres Sumba Timur agar selalu proaktif turun ke lapangan agar bisa memahami permasalahan yang timbul. Terutama kepada para Bhabinkamtibmas selalu lakukan deteksi dini tentang akar permasalahan supaya bisa menjadi problem solving di tengah masyarakat, karena Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dalam berbagai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kapolda NTT mengingatkan kepada para anggota untuk terus belajar dan mengasah kemampuan melalui Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian. Selain itu juga, Kapolda berharap para anggota dapat meningkatkan kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris dalam menghadapi era globalisasi ini.

Human Trafficking yang juga merupakan amanah dari Bapak Presiden. Oleh karena itu, Kapolda NTT berharap, personel Polri khususnya anggota jajaran Polres Sumba Timur selalu waspada serta dapat mengungkap kasus tersebut dan menindak para pelaku sesuai hukum yang berlaku, karena situasi geografi Sumba Timur yang sangat terbuka dan berbatasan langsung dengan dengan tiga Kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya sehingga dimungkinkan para pelaku bebas leluasa melakukan tindak kejahatan.

"Jauhi Narkoba dalam bentuk apapun, karena Narkoba dapat merusak masa depan kita," kata Kapolda NTT. Beliau juga menegaskan agar anggota Polri dalam mengunakan media sosial agar dimanfaatkan dengan secara positif dan jangan manfaatkan untuk hal-hal yang negatife.

Dalam acara tersebut Kapolda juga meresmikan Mako Polsek Pinupahar secara simbolis dengan menanda tangani batu prasasti dan menggunting pita. Selain itu juga Kapolda NTT menyerahkan bantuan kepada Polres Sumba Timur berupa satu unit mobil SIM Keliling yang diterima langsung oleh Kapolres Sumba Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi Alfis Suhaili SIK, MSI.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan tatap muka di Gedung Nasional, Kapolda NTT dan rombongan melaksanakan santap siang bersama anggota dan melanjutkan kegiatan ke Mako Brimob Subden III Pelopor Sumba A.