Indonesia Dukung Penuh Laos Dalam Keketuaan AMMTC dan SOMTC Tahun Depan

Indonesia Dukung Penuh Laos Dalam Keketuaan AMMTC dan SOMTC Tahun Depan

Tribratanewsntt.com - Indonesia telah mengambil peran penting dalam upaya penanggulangan kejahatan lintas negara di kawasan Asia Tenggara sebagai tuan rumah dalam ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17 dan ASEAN Senior Official Meeting On Transnational Crime (SOMTC) ke-23 yang berlangsung pada tahun ini.

Sebagai Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, secara otomatis menduduki posisi Ketua AMMTC dan SOMTC selama kepemimpinan Indonesia dalam pertemuan tahun ini. Namun, dengan berakhirnya kepresidenan Indonesia, Laos akan mengambil alih kepemimpinan dalam AMMTC dan SOMTC.

Dalam sidang AMMTC di Labuan Bajo pada 22 Agustus 2023, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan dukungan penuh Indonesia terhadap peralihan kepemimpinan kepada Laos pada tahun depan. Ia menyambut baik pilihan Laos sebagai Ketua SOMTC ke-24 dan AMMTC ke-18 tahun 2024, dan berharap upaya dalam memerangi kejahatan lintas negara dapat terus berlanjut.

Pentingnya kerja sama di kawasan ASEAN dalam menghadapi tantangan kejahatan transnasional juga menjadi sorotan. Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan harapannya bahwa pertemuan tahun 2024 akan menghasilkan ide-ide inovatif untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kejahatan transnasional di kawasan ini.

Menyinggung peralihan kepemimpinan kepada Laos, Kapolri optimistis bahwa Keketuaan Laos di AMMTC tahun depan akan berlangsung dengan baik di bawah kepemimpinan Yang Mulia Jenderal Vilay Lakhamphong selaku Ketua AMMTC Laos. Ia percaya bahwa seluruh negara anggota ASEAN dapat berkontribusi bagi masa depan komunitas ASEAN di bawah kepemimpinan Laos.

Kapolri juga menegaskan bahwa Indonesia siap mendukung peran Laos dalam AMMTC dan pertemuan terkait di bawah mekanisme AMMTC. Ia juga meminta dukungan dari seluruh pimpinan AMMTC dan Sekretariat ASEAN untuk hadir dan mendukung upaya Laos tahun depan.

Dalam rangkaian acara yang sama, Kapolri mengapresiasi partisipasi delegasi dari 14 negara yang turut berperan dalam AMMTC ke-17 di Labuan Bajo, serta rangkaian kegiatan lainnya seperti SOMTC yang sebelumnya digelar di Yogyakarta.

Mengakhiri pidatonya, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan kembali komitmen ASEAN untuk meningkatkan perdamaian, stabilitas, keamanan, dan kesejahteraan di kawasan melalui semangat kerja sama yang berlandaskan pada kesetaraan dan kemitraan. Ia percaya bahwa dengan komitmen dan soliditas negara-negara ASEAN, kawasan ini dapat berperan sebagai pusat pertumbuhan global.

Tentunya, visi "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth" tersebut tidak dapat diwujudkan tanpa upaya keras, inovasi, dan kerja sama yang berkelanjutan dari semua negara anggota ASEAN.