Irwasda Polda NTT Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Provinsi NTT

Irwasda Polda NTT Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Provinsi NTT

Tribratanewsntt.com - Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M. mengikuti upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2022 yang digelar di halaman Rumah Jabatan (Rumjab) Gubernur NTT, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Upacara ini dipimpin oleh Sekda Provinsi NTT Domu Warandoy,S.H., M.Si dan juga diikuti oleh para Forkopimda NTT serta seluruh Aparatur Sipil Negara di jajaran Provinsi NTT.

Upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2022 tingkat provinsi NTT ini mengangkat tema "Bangkit bergerak bersama Pancasila".

Upacara yang ditandai dengan pembacaan naskah Ikrar Kesaktian Pancasila 2022 ini diikuti oleh peserta upacara dari TNI Polri, Basarnas, Tagana, ASN dan Pelajar.

Sementara selaku komandan Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yakni, Letkol Marinir Wira Dharma S. Lumban Gaol, S.H., M.Tr. Opsla.

Momentum Hari peringatan kesaktian pancasila, sebagai momentum untuk lebih menghayati apa yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara dan wadah mengenang sejarah kelam NKRI.

Dengan semangat Upacara Kesaktian Pancasila ini, dapat lebih meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah paham-paham radikal, dan paham komunisme serta menjadi pacuan untuk memperbaiki diri lebih baik lagi

Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari sejarah Pemberontakan G30S/PKI yang telah menewaskan para Jenderal terbaik Indonesia saat itu. Untuk menghargai jasa Pahlawan yang telah gugur, pada saat pemberontakan tersebut diperingatilah Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 01 Oktober.