Irwasda Polda NTT Ingatkan Personil Sikka Laksanakan Tugas Secara Humanis

Irwasda Polda NTT Ingatkan Personil Sikka Laksanakan Tugas Secara Humanis

Tribratanewsntt.com - Irwasda Polda NTT Kombes Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., bersama Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H dan Kabid TIK Polda NTT Kombes Pol. I Made Rasma Jemy Karang, S.I.K., M.Si., didampingi Wakapolres Sikka Kompol I Putu Surawan, S.IP., melakukan pengarahan kepada para perwira Polres Sikka, di aula Mapolres Sikka, Selasa (27/7/201).

Hadiri dalam kegiatan ini, Kabag Ops, Kabag Sumda, Kabag Ren, Kanit Laka Lantas, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, Kasat Sabhara, Kasat Binmas, Kasat Narkoba, Kasi Propam dan Kasi Was Polres Sikka.

Dalam kesempatan tersebut, Irwasda Polda NTT sampaikan agar menyiapkan data penyebaran Covid-19, kesiapan BOR, pelaks Vaksinasi, lokasi isolasi terpadu, laporan hasil pelaksanaan tugas satgas, Tabulasi, sislap dan petugas posko.

Selain itu, ia mengharapkan agar para perwira memahami Instruksi Mendagri No.25 tahun 2021 dan sosialisasikan kepada anggota serta Prinlakops agar bisa menjelaskan siapa berbuat apa dan bertanggungjawab kepada siapa.

"Kepada para personel sebelum melaksanakan tugas agar di APP sehingga di memahami tugasnya, dan jangan arogan, jangan berkata kasar, tegas namun humanis", ujar Irwasda Polda NTT.

Ingatkan anggota agar terapkan prokes dilingkungan kerja dan saat bertugas.

Irwasda juga perintahkan agar membuat penyekatan dan pemasangan tenda serta spanduk dengan membentuk tim terpadu yaitu Polri, Tni, Gugus tugas Covid-19, Pemda (Satpol PP, Dinkes).

"Dalam penyekatan harus membentuk tim penyekatan/pemeriksaan, tim pengaturan, tim untuk mengakomodir dan menjelaskan komplain masy ditenda, tim pam pers/giat", tegasnya.

"Anggota selalu diingatkan dalam melaksanakan tugas untuk tetap tegas, humanis dan santun dengan melihat situasi kondisi", harapnya.

Sementara itu, Dirsamapta Polda NTT menambahkan agar dilakukan penutupan pada akses keramaian publik/wisata dan mewaspadai arus masyarakat yang masuk baik melalui jalur resmi maupun jalur tidak resmi (pelabuhan tikus).

"Untuk itu laksanakan patroli skala besar dengan semua unsur terkait (TNI, Pemda dan stake holder lainnya) dan Humas agar laksanakan publikasi yang positif terhadap semua kegiatan yang telah dilaksanakan", ungkap Dirsamapta Polda NTT.

"Mengenai PPKM Level 4 agar Laksanakan prokes yang ketat terhadap kegiatan dan mobilitas masyarakat sesuai aturan dengan Tegas, Humanis. Tidak kasar, tidak sombong dan tidak menyakiti masyarakat didukung dengan pembagian sembako", terangnya.

Selain itu, Irwasda Polda NTT Menyampaikan agar dilakukan koordinasi dengan instansi terkait dan semua eleman masyarakat yang ada termasuk dari BEM Nusantara, Tomas, Toga, Todat dan komunitas yang ada di Kabupaten Sikka agar satu persepsi dan sinergis dalam pelaksanaan tugas.

"Lakukan pengecekan kesiapan BOR, tempat isolasi mandiri dan isolasi terpadu, Cek ketersediaan obat, harga obat dan tabung oksigen", lanjutnya.

"Cek pelaksanaan tugas dengan melakukan Anev secara berkala dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Para PJU agar dibagi tugas dalam pengawasan tersebut", tambahnya.

"Apabila ada bantuan anggaran Hibah dari Pemkab agar dapat dipergunakan sesuai kebutuhan dan perwabku dapat dipertanggungjawabkan", tandasnya.