Irwasda Polda NTT Pimpin Pengambilan Sumpah Peserta Seleksi SIPSS: Menuju Polri yang Bersih, Transparan, dan Bermoral di Era Police 4.0

Irwasda Polda NTT Pimpin Pengambilan Sumpah Peserta Seleksi SIPSS: Menuju Polri yang Bersih, Transparan, dan Bermoral di Era Police 4.0

Tribratanewsntt.com - Irwasda Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H. memimpin kegiatan pengambilan sumpah dan penandatangan Pakta Integritas dalam seleksi penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). Senin (15/1/2024) siang. di ruang Rupatama Mapolda NTT.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat utama Polda NTT, termasuk Katim Rikmin, Katim Psikologi, Katim UKJ, Katim TKK, Katim PAM dan PMK, serta Katim Rikkes.

Para peserta seleksi SIPSS turut serta dalam kegiatan ini bersama dengan para orangtua/wali mereka.

Irwasda Polda NTT menyampaikan bahwa pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas memiliki makna penting dalam proses seleksi pendidikan, menekankan prinsip clear and clean. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen moral antara peserta dan panitia seleksi untuk mewujudkan tata kelola seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, humanis, efektif, dan efisien, serta bebas dari KKN.

Irwasda Polda NTT, Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H., menyatakan, "Sehingga nantinya diakhir proses seleksi akan didapatkan calon peserta SIPSS yang unggul, kompetitif, dan bermoral di era police 4.0. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Polri, yaitu transformasi menuju polri yang presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan)."

Diketahui bahwa animo peserta seleksi SIPSS Polda NTT T.A. 2024 mencapai 77 orang (pria: 49, wanita: 28). Setelah verifikasi administrasi awal, yang lolos sebanyak 9 orang (pria: 9, wanita: -). Tahapan seleksi akan berlangsung mulai 8 Januari hingga 6 Februari 2024, melibatkan berbagai proses seperti pemeriksaan kesehatan, psikologi, tes kompetensi keahlian, uji jasmani, penelusuran mental kepribadian, dan sidang terbuka kelulusan tingkat panda.

Irwasda Polda NTT berharap agar para peserta dapat mempersiapkan diri secara maksimal untuk mencapai hasil yang diharapkan. Proses seleksi menggunakan metode one day service, di mana peserta dapat mengetahui hasil seleksi di hari yang sama.

Kerjasama dengan berbagai pihak terkait, seperti pengawas internal dan eksternal, merupakan langkah Polda NTT untuk mewujudkan seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis.