Jajaran Polres Sikka Gelar Bersih-Bersih Lingkungan Cegah Kasus DBD

Jajaran Polres Sikka Gelar Bersih-Bersih Lingkungan Cegah Kasus DBD

Tribratanewsntt.com - Jajaran Polres Sikka secara serentak menggelar kerja bakti dengan bersih-bersih lingkungan di beberapa tempat umum, Jumat (22/1/2021) lalu.

Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., mengukapkan Bahwa bersih-bersih lingkungan dilakukan secara serentak oleh Polres Sikka maupun Polsek Jajaran guna mencegah Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

''Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Sikka terhadap masyarakat. Seringkali muncul di musim pancaroba, khususnya bulan Januari di awal tahun seperti sekarang ini. Karena itu, masyarakat perlu mengetahui penyebab penyakit DBD, mengenali tanda dan gejalanya, sehingga mampu mencegah dan menanggulangi dengan baik", ungkap AKBP Sajimin, S.I.K., M.H.

“Tahun lalu, Kabupaten Sikka mengalami KLB DBD, dan tentu saja kita tidak ingin hal yang sama terjadi di tahun ini, karena itu berbagai upaya pencegahan akan kita lakukan untuk mencegah hal itu terjadi, salah satunya melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan untuk mencegah munculnya sarang nyamuk”, jelasnya

Dalam kegiatan itu, Polres Sikka melaksanakan kerja bakti di dua tempat berbeda, yakni Pasar Tingkat Maumere dan Taman Monumen Tsunami.  Dengan cara bergotong royong personil Polres Sikka membersihkan saluran air, membuang dan membakar sampah.

“Di tempat terpisah, personil Polsek jajaran juga melakukan kegiatan yang sama di wilayah hukumnya masing-masing, melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan dengan mengajak masyarakat dan instansi terkait di wilayah kecamatan masing-masing”, tambahnya.

"Kami juga berharap, warga tentunya lebih aktif dan membersihkan lingkungan, khususnya lingkungan sekitar rumah, sehingga dapat mencegah munculnya sarang perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD", pungkasnya.