Jalani Vaksinasi, Kapolda NTT Ingin Memberi Contoh Pada Personel Polri serta Masyarakat Bahwa Vaksin Aman dan Halal

Jalani Vaksinasi, Kapolda NTT Ingin Memberi Contoh Pada Personel Polri serta Masyarakat Bahwa Vaksin Aman dan Halal

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum melakukan vaksinasi covid-19 sinovac, Selasa (26/1/2021) pagi di lobi Mapolda NTT.

Vaksinasi ini merupakan pencanangan vaksinasi bagi anggota Polri yang dlakukan pada tahap II nanti.

Sedianya Kapolda  NTT sudah divaksin bersama Forkompimda NTT pada 14 Januari lalu, namun karena bertugas ke Jakarta maka baru dilakukan saat ini.

Vaksinasi di Mapolda NTT juga diikuti Kabinda NTT Brigjen TNI. Adrianus San, S.Sos, Karo Ops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sujadja, Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Jhony Siahaan.

Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan oleh tim medis dari Biddokkes Polda NTT dan Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang dipimpin Kombes Pol dr. Sudaryono dan Kompol dr. Hery.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs.Lotharia Latif, S.H., M.Hum menyampaikan bahwa, vaksinasi perdana yang dilakukannya ini ingin memberi contoh pada personel Polri dan masyarakat bahwa vaksin aman dan halal. 

"Vaksin aman dan halal," tegas Kapolda NTT.

Jenderal bintang dua ini menegaskan bahwa pencanangan vaksin di Polda NTT sesuai kebijakan pemerintah dengan prioritas pada tenaga kesehatan (nakes) dan anggota Polri yang beresiko tinggi.

"Vaksinasi juga memberikan kepercayaan  bahwa vaksin aman dan efektif digunakan untuk mencegah penyebaran covid 19," ujar Kapolda NTT. 

Kapolda berharap seluruh  tenaga kesehatan dan anggota Polri yang mempunyai  resiko tinggi  tidak ada  keraguan lagi untuk melakukan vaksinasi. 

Ditanya soal efek dan dampak vaksin tersebut, Kapolda NTT mengaku tidak ada masalah.

"Tidak ada masalah yang saya alami pasca divaksin. Proses juga sudah sesuai SOP yang ketat dan sesuai protap yang bagus," tandas kapolda NTT.

Pada pelaksanaannya, diawali dengan screening suhu tubuh, Tensi, pengecekan 13 kriteria penyakit yang tidak bisa mengikuti Covid-19 selanjutnya Penyutikan Vaksin Covid-19 pada lengan kiri dan diakhiri dengan observasi.

Vaksinasi secara berturut-turut dari Kapolda NTT kemudian diikuti oleh Kabinda Provinsi NTT, Karoops Polda NTT dan Dirsamapta Polda NTT.

Dengan kegiatan ini, Polda NTT mendorong agar masyarakat tidak ada keraguan lagi untuk bisa menerima vaksin yang telah memenuhi syarat.

Pemberian vaksin merupakan program Nasional menjadi salah satu upaya pemerintah  yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 dan sudah diberikan contoh oleh Presiden dan para Pejabat maupun Tokoh dan vaksin ini layak untuk dilakukan kepada masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Program Vaksinasi ini sendiri bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat dari covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.