Jelang Hari Raya Natal, Satgas Pangan NTT Selenggarakan Operasi Pasar Murah di Lapangan Polda NTT

Jelang Hari Raya Natal, Satgas Pangan NTT Selenggarakan Operasi Pasar Murah di Lapangan Polda NTT

Tribratanewsntt.com ,- Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) akan mengelar  Operasi Pasar Murah/Bazar. Kegiatan ini akan digelar di lapangan Mapolda NTT selama satu hari yakni Selasa (18/12/18). Direncanakan akan dibuka secara langsung dibuka oleh Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Raja Erizman.

Dirkrimsus Polda NTT selaku Ketua Satgas Pangan Daerah NTT AKBP Heri Try Mariadi, SH, saat ditemui diruangan kerjanya, Senin (17/12/16) mengatakan bahwa operasi pasar murah ini adalah untuk membantu masyarakat dalam rangka menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Sekaligus juga dalam rangka menekan stabilitas harga untuk mengimbangi harga pasar, walaupun dalam kondisi sekarang ini harga sembako di pasar masih stabil tidak ada kenaikan yang signifikan.

“Pada intinya kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat menjelang Natal dengan diberikannya harga yang special/murah.Tidak sesuai denganharga pasaran yang saat ini di atas standar ambang batas. Contohnya posisi harga beras itu saat ini kalau dibawah harga ekonomi tertinggi Rp.12.000, dan terendah Rp. 9.500,- nanti besok masyarakat bisa membeli dengan harga Rp. 8.000,-“ Ujar Ketua Satgas Pangan Daerah NTT AKBP Heri Try Mariadi, SH.

Operasi pasar murah ini menyediakan seluruh kebutuhan sembako seperti beras, minyak goreng, gula dan kebutuhan lainnya.

Ada pula stand penjualan sepeda motor dengan berbagai kemudahan yang diberikan penjual bagi konsumen.

Ditegaskan pula kalau operasi pasar yang digelar  tidak membebani masyarakat tetapi memberi solusi.

Satgas pangan daerah yang diketuai Dir Reskrimsus Polda NTT terdiri dari Bank Indonesia, Dinas perdagangan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Dinas ketahanan pangan, Bulog serta melibatkan hipermart.

Pola pelayanan pun terbuka untuk umum dan digelar sejak pukul 08.00 wita hingga pukul 18.00 wita. "Hanya digelar sehari dari pagi hingga sore," ujarnya.

Ia menjamin kalau Satgas Pangan daerah akan menyediakan stok pangan yang memadai untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan momen ini akan membeli sembako secara langsung tanpa melalui kupon. Namun ada perlakuan khusus untuk harga daging ayam yang mendapat subsidi dari Bank Indonesia.

"Ada bantuan dari BI khusus untuk harga daging ayam disubsidi. Ada ayam dari swalayan dan dari pasar," tambahnya.

Diimbau kepada masyarakat khususnya suplaier dan pelaku usaha untuk mendukung dengan tidak melakukan manuveri-manuver sehingga tidak ada kenaikan harga barang melonjak yang mengakibatkan tidak terjangkuannya masyarakat untuk membeli.

“Masyarakat agar memanfaatkan moment operasi pasar tersebut agar kebutuhan pokok tercukupi menjelang hari raya natal dan tahun baru”Pungkasnya. (N)