Jelang Hari Raya Paskah, Polda NTT Gelar Lat Pra Ops Semana Santa Turangga 2023

Jelang Hari Raya Paskah, Polda NTT Gelar Lat Pra Ops Semana Santa Turangga 2023

Tribratanewsntt.com,- Jajaran Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur akan menyelenggarakan Operasi Semana Santa tahun 2023 yang akan digelar secara serentak jajaran Polda NTT.

Sebagai tanda akan dimulainya pelaksanaannya Ops Semana Santa, hari ini (Kamis, 30/3/23) dilaksanakan latihan Pra Ops bagi anggota yang terlibat dalam pengamanan Ops tersebut.

Adapun tema dari kegiatan ini adalah “Melalui Latpraops Semana Santa Turangga 2023 kita tingkatkan kemampuan satuan tugas pengamanan melalui giat pre-emtif, preventif dan penegakan hukum guna mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Paskah”.

Latpraops Semana Santa dilakukan dengan tujuan untuk pengamanan menyongsong hari Paskah tepatnya 7 April 2023.

Dijadwalkan pelaksanaan Ops Semana Santa Turangga ini akan dilaksanakan mulai tanggal 4 April hingga 18 April mendatang.

Pelaksanaan Ops Semana Santa ini merupakan operasi mandiri kewilayahan Polda NTT dengan mengerahkan personel untuk pengamanan.

Sementara personel yang dilibatkan untuk membantu pengamanan Perayaan Paskah mulai dari Reserse, Samapta, Logistik, Propam, Binmas, Lalu Lintas, Humas, Obvit, Polair, Dokkes dan Brimob.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Samuel Simbolon, S.H, M.H. Kabagbinops Polda NTT mengatakan bahwa kegiatan latpraops dalam rangka pengamanan kegiatan hari raya keagamaan yaitu hari raya paskah, dengan harapan prosesi perayaan hari raya paskah bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Kegiatan ini dalam rangka pengamanan paskah Tahun 2023, guna mewujudkan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas yang kondusif sehingga masyarakat dapat merayakan Hari raya paskah dengan rasa aman dan nyaman. Dengan sasaran segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca hari paskah yang dapat menghambat, dan mengganggu kegiatan perayaan paskah 2023”ujar AKBP Simbolon.

Operasi ini ditujukan sebagai salah satu upaya cipta kondisi agar tetap terpeliharanya situasi kamtibmas yang aman, tertib dan nyaman baik sebelum, pada saat dan pasca pasca perayaan paskah 2023.

“Sedangkan tujuan operasi Semana Santa 2023 ini adalah terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat NTT yang merayakan paskah tahun 2023 dengan tetap mentaati protokol kesehatan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah”lanjutnya.

“Konsep umum operasi ini adalah mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif yang didukung penegakan hukum serta deteksi dini dalam rangka pengamanan perayaan paskah 2023, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif sekarang ini sehingga masyarakat dapat merayakan dengan rasa aman dan nyaman. Oleh karena itu operasi ini bersifat terbuka”tandasnya.