Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ikuti Upacara Serah Terima Panji-Panji Tribrata Secara Virtual

Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ikuti Upacara Serah Terima Panji-Panji Tribrata Secara Virtual

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Evi Nurhayati Latif, S.H., mengikuti upacara serah terima panji-panji Tribrata secara virtual di ruang Vicon Lantai II Mapolda NTT, Rabu (27/1/2021).

Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam upacara ini sejumlah Penjabat Utama Polda NTT yang terdiri dari Karologistik Polda NTT Kombes Pol Yayat J. Atkawijaya, Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widarto, S.I.K., Kabidtik Polda NTT Kombes Pol. Wahyu Prihatmaka, S.H., dan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H.

Setelah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sebagai Kapolri, di Istana Negara Jakarta menggantikan Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., yang memasuki masa pensiun.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Jenderal Idham Azis kepada Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Kegiatan itu adalah penyerahan Panji Polri Tribrata yang digelar di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Penyerahan Panji Polri itu sekaligus melegitimasi bahwa Korps Bhayangkara resmi dibawah komando Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sebagai Kapolri.

Setelah penyerahan Panji Tribrata, acara dilanjutkan dengan serah-terima Ketua Umum Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari di Mabes Polri. Ketua yang lama, yakni istri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., Ny. Fitri Idham Azis, akan menyerahkan posisi Ketua Bhayangkari kepada istri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Ny. Juliati Sigit Prabowo, selaku istri Kapolri baru

Kemudian, acara juga dilanjutkan dengan pengangkatan ibu asuh Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia.

Proses sertijab ini sendiri diatur oleh SDM Polri. Karena dilangsungkan di tengah Pandemi Covid-19, acara itupun akan berlangsung dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ekstra ketat dan hanya sejumlah jenderal polisi yang hadir secara fisik di Rupatama Polri. Sementara, jajaran Polda mengikuti upacara ini secara virtual.