Kapolda NTT Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020/2021 di SPN Polda NTT

Kapolda NTT Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020/2021 di SPN Polda NTT
Kapolda NTT Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020/2021 di SPN Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., membuka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020/2021 di Sekolah Polisi Negara Polda NTT, Selasa (17/11/2020) pagi.

Sebanyak 224 siswa calon Bintara Polri akan mulai menjalani pendidikan selama 7 bulan di SPN Polda NTT di Kupang.

Hal ini ditandai dengan dibukanya Pendidikan Pembentukan Bintara Polri oleh Kapolda NTT dengan mengucapkan", Pendidikan Pembentukan Bintara Polri tahun ajaran 2020/2021 secara resmi saya nyatakan dibuka", ucap  Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., dalam Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2020/2021 di SPN Polda NTT.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., yang dibacakan oleh Kapolda NTT, menyatakan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari perjuangan saudara disertai doa dan dukungan orang tua dan keluarga, serta berkah dan karunia Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

"Oleh karena itu wujudkan rasa syukur melalui komitmen untuk melaksanakan pendidikan dengan penuh semangat, kesungguhan, dan integritas", ucapnya.

Diketahui bersama bahwa program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2020/2021 ini dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19.
Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan penanganan khusus dan saksama dalam proses penyelenggaraan pendidikannya.

"Efektivitas proses pendidikan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan dengan menerapkan prinsip pendidikan yang SEHAT -EFEKTIF - BERKUALITAS. Aspek kesehatan tetap menjadi prioritas utama untuk menjamin proses pendidikan berjalan dengan baik sehingga dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia Polri yang berkualitas unggul dan berbudi pekerti luhur", terangnya.

Ia juga tekankan kepada calon Bhayangkara Siswa nantinya akan menjadi tulang punggung pelaksanaan tugas Polri yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

"Diharapkan melalui pendidikan ini, dapat mencetak anggota Polri yang siap kerja dan siap operasional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat", harapnya.

Kapolda juga menyampaikan penekanan kepada calon Bhayangkara Siswa untuk dipedomani dan dilaksanakan dengan tetap senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan bertindak dalam pelaksanaan pendidikan maupun kehidupan sehari-hari.

"Tunjukkan disiplin dan integritas selama mengikuti pendidikan, Patuhi seluruh peraturan yang berlaku, serta hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat merugikan kehormatan pribadi, keluarga dan institusi serta jalin semangat kekeluargaan dengan seluruh peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sebagai bagian dari keluarga besar Polri", pesannya.

Hadir dalam upacara ini, Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si., Perwakilan Gurbernur NTT, perwakilan Dandrem 161/Ws, Danlantamal Kupang, perwakilan Kabinda NTT, Danlanud Kupang, para pejabat utama Polda NTT, Ka SPN Polda NTT, Kapolres Kupang Kota dan Wakapolres Kupang.